Dark/Light Mode

Menteri Siti Imbau Pemudik Tak Buang Sampah di Terminal

Jumat, 21 April 2023 21:20 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya menyapa salah satu pemudik di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Selasa (18/4).
Menteri LHK, Siti Nurbaya menyapa salah satu pemudik di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Selasa (18/4).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengimbau pemudik untuk menerapkan mudik minim sampah saat mudik Lebaran 2023. 

Hal itu disampaikan Siti saat melakukan peninjauan arus mudik di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Selasa (18/4). 

"Kampanye Mudik Minim Sampah sudah dilakukan KLHK sejak tahun 2016. Pemerintah terus belajar untuk mengurangi timbulan sampah, salah satunya lewat imbauan mudik minim sampah kepada para pemudik," ujar Siti dalam keterangannya, Jumat (21/4).

Baca juga : Erick Jempolin Pemudik Yang Beli Tiket ASDP Online

Menteri dari Partai NasDem ini pun mengucapkan selamat menempuh perjalanan mudik kepada para pemudik di Terminal Pulo Gebang. 

Ia mengungkapkan, bahwa jika momen mudik Lebaran merupakan momen paling membahagiakan karena dinantikan setiap perantau yang merindukan kampung halaman. 

Menteri Siti juga berpesan untuk hati-hati di jalan dan jangan lupa tetap minim sampah.

Baca juga : Erick Pastikan, Pemudik Di Lintas Merak-Bakauheni Terlayani Maksimal

Ia memprediksikan,  dalam rentang dua minggu masa mudik lebaran kali ini diperkirakan akan ada sampah yang dihasilkan sebanyak 49.520 ton dari sekitar 123,8  juta orang jumlah pemudik Lebaran 2023. 

Timbulan sampah tersebut, berasal dari sisa makanan, sampah plastik kemasan makanan dan minuman yang ada pada tiap titik pemberhentian ataupun di sepanjang jalur mudik. 

Untuk itu, KLHK meninjau sekaligus mendukung para pengelola tempat pemberangkatan pemudik seperti di terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, bandara dan juga rest area jalan tol untuk menambahkan sarana prasarana pengelolaan sampahnya, agar sampah terkelola baik dan pemudik nyaman. 

Baca juga : Menhub & Kapolri Tinjau Situasi Arus Mudik Di Surabaya

"Memang untuk mengelola sampah di tempat umum seperti ini butuh dukungan sarana prasarana yang cukup dan memadai," imbuh Siti.

Pada peninjauan ini, Menteri LHK menyerahkan bantuan sarana prasarana pengelolaan sampah berupa gerobak sampah terpilah, tempat sampah terpilah, dan tempat sampah besar kepada Pengelola Terminal Pulo Gebang yang akan diletakkan di seluruh Terminal Pulo Gebang.■


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.