Dark/Light Mode

Hari Ini, 363 WNI Tahap II Evakuasi Sudan Tiba Di Tanah Air

Minggu, 30 April 2023 10:18 WIB
Sebanyak 363 WNI tahap II evakuasi Sudan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Minggu (30/4). (Foto: Humas Kemenlu)
Sebanyak 363 WNI tahap II evakuasi Sudan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Minggu (30/4). (Foto: Humas Kemenlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bergerak cepat memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) secara bertahap dari Sudan, yang saat ini tengah dilanda konflik bersenjata.

Sebanyak 363 WNI tahap II evakuasi Sudan tiba di Tanah Air pada hari ini, Minggu (30/4), menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 991.

Sebelumnya (28/4), sebanyak 385 WNI telah kembali ke Indonesia. Sehingga, total WNI yang telah dievakuasi dan dipulangkan ke Tanah Air berjumlah 748 orang.

Baca juga : Transit Di Jeddah, 110 WNI Gelombang 3 Evakuasi Sudan Diminta Tak Umroh

WNI yang telah dipulangkan ke Tanah Air  diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut oleh Kementerian/Lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

Tidak hanya WNI, pemerintah RI juga membantu evakuasi warga asing. 

"Kementerian Luar Negeri mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kementerian/Lembaga terkait, yang telah mendukung upaya evakuasi serta penanganan WNI evacuee di dalam negeri," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (30/4).

Baca juga : Alhamdulillah, Naik Garuda GA 991, 385 WNI Tiba Di Tanah Air

Konflik militer di Sudan antara Sudan Armed Forces dan  paramiliter Rapid Support Forces (RSF) berlangsung sejak tanggal 15 April 2023.

Konflik tersebut mengancam situasi keamanan di Sudan, sehingga KBRI Khartoum menetapkan status Siaga II pada tanggal 16 April 2023.

Dengan meningkatnya eskalasi konflik tersebut, pada tanggal 20 April 2023, KBRI Khartoum menetapkan status Siaga I. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.