Dark/Light Mode

78 Persen Masyarakat Puas

BKS: Terima Kasih Semua, Mudik Aman Dan Berkesan

Selasa, 16 Mei 2023 07:45 WIB
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan (Men­hub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)

 Sebelumnya 
Khususnya, di titik-titik krusial seperti di Jalur Tol Trans Jawa dan Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

“Penyelenggaraan mudik ta­hun depan akan lebih menantang karena animo masyarakat yang akan mudik akan semakin tinggi. Dan harapan masyarakat atas kelancaran arus mudik dan balik juga akan semakin tinggi,” ungkap BKS.

Wakil Ketua Bidang Pember­dayaan dan Penguatan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Seti­jowarno mengatakan, secara umum penyelenggaraan mudik Lebaran 2023 tergolong lancar dan dapat memenuhi harapan masyarakat. Baik perjalanan mudik maupun balik.

Baca juga : BSI: 95 Persen Calon Jemaah Haji Telah Melakukan Pelunasan Biaya

“Dibandingkan musim Leba­ran 2022, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas 21 persen dan korban meninggal dunia 39 persen,” tutur Djoko.

Djoko menilai, faktor menu­runnya angka kecelakaan karena penyelenggaraan mudik gratis tahun ini jauh lebih banyak dan lebih beragam asal dan tujuan­nya.

Beragam, artinya tidak hanya moda bus, namun menggunakan moda kereta, kapal dan pesawat.

Baca juga : KCIC Ajak Masyarakat Jaga Kelancaran Uji Coba Kereta Cepat

Tahun depan, tradisi mudik gratis ini oleh Pemerintah Dae­rah hendaknya dapat diikuti yang lain. Tujuannya untuk me­minimkan pemudik memakai sepeda motor. Selain itu, turut membantu warga yang mau mu­dik namun kemampuan finansial kurang.

Sekadar informasi, Kemen­terian Perhubungan mencatat jumlah penumpang angkutan umum pada arus mudik dan balik tahun ini meningkat 12,98 persen jika dibandingkan tahun 2022.

Sementara, total jumlah kendaraan pada arus mudik dan balik meningkat 6,1 persen jika dibandingkan tahun 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.