Dark/Light Mode

Buka PWN, Gus Men: Pramuka Rawat Keberagaman Dan Perdamaian

Senin, 22 Mei 2023 22:29 WIB
Menag, Yaqut Cholil Qoumas membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023., Senin (21/5)
Menag, Yaqut Cholil Qoumas membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023., Senin (21/5)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023. 

Kegiatan yang diikuti 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagaman Negeri (PTKN) ini digelar di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo.

Pembukaan PWN ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut. Disambung Ketua Kwarnas Budi Waseso dan Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya. 

Dalam sambutannya, Yaqut mengatakan PWN harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman. 

Baca juga : Harkitnas 2023, Mentan Dorong Kebangkitan Kinerja Sektor Pertanian

"Saudara harus bisa adaptif, inovatif dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian,” kata Yaqut, Senin (22/5). 

Selain itu, adik dari Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf itu sempat bercerita mengenai perjalanan panjang pramuka. 

Kata Yaqut, dalam konteks Indonesia, kepanduan atau pramuka sudah melewati perjalanan panjang. Mulai pada era penjajahan Belanda, masa perjuangan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan, hingga dileburnya berbagai organ kepanduan menjadi satu, yakni Pramuka pada 14 Agustus 1961. 

"Sejarah panjang kepanduan dunia dan kepanduan di Indonesia seyogyanya mendorong kita untuk selalu merenungkan hakikat organ kepanduan kita, hakikat Pramuka kita," ungkap Gus Men, sapaan akrab Yaqut Cholil Qoumas. 

Baca juga : Kembangkan EBT, PLN Teken Kerja Sama Dengan Perusahaan EPC Di Beijing

Jika merujuk pada catatan Baden Powell misalnya, tambah dia, dapat diambil hikmah betapa hubungan antar-sesama manusia dan hubungan antara manusia dengan alam memegang kunci keberhasilan. 

Dalam konteks yang sederhana, relasi yang baik antar-sesama manusia dan perlakuan terhadap alam merupakan penentu keberhasilan penyelidikan. 

"Apalagi jika ditarik dalam konteks kepanduan Indonesia yang didasari dengan nilai-nilai spiritualitas berupa kepercayaan kepada Yang Esa. Maka, akan membentuk trilogi relasi, yakni hablu minallah, hablu minannas, dan hablu minal alam," ujar Menag. 

"Apabila trilogi relasi ini betul-betul diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, maka para pandu kita akan menjadi insan nan paripurna," sambung mantan pimpinan Komisi II DPR itu. 

Baca juga : Prabowo Masih Jaga Perasaan Imin

Adapun pembukaan PWN PTK ke-16 tahun 2023 dimeriahkan dengan pagelaran budaya Nusantara yang dilanjutkan dengan defile kontingen dari PTK se Indonesia. PWN PTK XVI akan berlangsung selama 6 hari dari 22-27 Mei 2023 di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo dan sejumlah kabupaten di Provinsi Gorontalo.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.