Dark/Light Mode

Kembangkan EBT, PLN Teken Kerja Sama Dengan Perusahaan EPC Di Beijing

Senin, 22 Mei 2023 17:13 WIB
Kunjungan bisnis Dirut PLN Darmawan Prasodjo (kedua kanan) ke Beijing China. (Dok. PLN)
Kunjungan bisnis Dirut PLN Darmawan Prasodjo (kedua kanan) ke Beijing China. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) kembali melakukan kesepakatan bisnis untuk pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia. Salah satunya kerja sama dengan perusahaan konstruksi China.

Dalam kunjungan bisnis ke China, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo melakukan site visit ke perusahaan konstruksi (Engineering, Procurement, Construction/EPC) China Communications Construction Dredging Co., Ltd (CCCC) di Beijing.

Kunjungan ini juga sekaligus untuk menyepakati kerja sama pengembangan transisi energi di Indonesia.

Baca juga : Lantik Rektor, Bamsoet Apresiasi Kerja Sama UNPERBA Dengan Korea Selatan

Kesepakatan yang ditandatangani pada Minggu (21/5) ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan pembangkit EBT di Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan saat ini perusahaannya sedang mempercepat pembangunan pembangkit EBT, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dan Pembangkit Listrik Pumped Storage di Indonesia.

Dengan menggandeng perusahaan konstruksi terbesar di China ini diharapkan bisa mempercepat proses transisi energi, dari energi fosil menuju EBT guna mencapai target net zero emission (NZE) pada tahun 2060.

Baca juga : Kembangkan Energi Hijau, PLN Indonesia Power Cari Mitra Strategis

"Kerja sama yang telah terbangun antara PLN dan CCCC diharapkan bisa mempercepat pembangunan pembangkit EBT. Dengan demikian, Indonesia akan semakin mempercepat proses transisi energi," ujar Darmawan.

Selain kerja sama yang telah disebutkan di awal, dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh CCCC, Darmawan menambahkan, PLN bisa menyerap ilmu dari perusahaan tersebut serta berdiskusi hingga berkolaborasi dalam pembangunan infrastruktur EBT, Liquid Natural Gas (LNG) dan terminal untuk gasifikasi .

CCCC sendiri merupakan perusahaan yang telah terlibat dalam banyak proyek besar di China dan luar negeri.

Baca juga : Yayasan Trisakti Lakukan Penandatangan Statuta Dengan 6 Satuan Pendidikan

Beberapa proyek terbesarnya termasuk pembangunan jembatan Teluk Hangzhou, pelabuhan terbesar di dunia yang berlokasi di Shanghai, serta pembangunan Bendungan Tiga Ngarai di Tiongkok.

“Kesepakatan kerja sama ini dapat meningkatkan kepercayaan investor. melalui kerja sama yang solid antara PLN dengan CCCC juga diharapkan dapat mempererat hubungan ekonomi antara Tiongkok dan Indonesia,” tutup Darmawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.