Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Industri Kreatif dan Start Up Digital

Baparekraf Hadirkan Program ScaleUp Champions

Jumat, 26 Mei 2023 14:05 WIB
Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka.
Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program Baparekraf ScaleUp Champions (BSC) dengan menggandeng KUMPUL.ID.

Program ini berfokus memberdayakan industri digital Indonesia, dengan mengakselerasi inovasi dari para pendiri startup yang berkaitan dengan 17 subsektor ekonomi kreatif.

Di antaranya, pengembang permainan, arsitektur, desain Interior, musik, seni rupa, desain produk, fesyen, kuliner, film, animasi dan video.

Dalam peluncurannya, Menparekraf Sandiaga Uno memaparkan, industri startup digital Indonesia kini sedang dalam masa yang sangat diperhitungkan.

Sehingga, Baparekraf dan KUMPUL.ID mencoba mengakselerasi startup agar memperoleh tambahan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Baca juga : Dukung Teknologi Rumah Pintar, TP-Link Hadirkan Tapo T100

Program ini menawarkan jaringan dan peluang menuju pasar global dalam beberapa tahun ke depan.

"Hadirnya Baparekraf Scale-Up Champions 2023 ini, saya harapkan akan menghasilkan Unicorn dan Decacorn baru di Indonesia,” jelas Sandiaga Uno saat peluncuran program BSC di MAIA Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (26/5).

Acara ini turut dihadiri panelis Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio dari Kementerian Parekraf Iman Sentosa dan praktisi startup Kukuh Rizal Arfianto selaku Co-Founders & Director dari music-entertainment company Sun Eater. 

Lalu, Jesha Vebrattie Effendie selaku Digital Investment & Venture Builder dari Living Lab Ventures. Juga, Amalia Aini selaku Chief Business & Ecosystem dari KUMPUL.ID yang bertindak sebagai moderator.

Mereka menyampaikan tiga poin penting, pertama adalah mendorong inovasi dalam kreativitas dan kolaborasi di era teknologi.

Baca juga : Menteri LHK Happy Perhutanan Sosial Jadi Program Nasional

Kemudian, merevolusi pembuatan konten dalam berbagai bidang industri kreatif, dan menciptakan peluang lebih besar. Serta memaksimalkan potensi dan tren untuk memajukan para kreator dan founder startup digital di masa depan.

"Kami berpatokan pada pengasahan produk dan memfasilitasi praktisi startup agar bisa mengembangkan produknya ke tingkat nasional dan global. Nantinya akan kami bawa lima start up ke Singapura untuk bisnis matching," tutur Iman.

Sementara Jesha Vebrattie Effendie menjelaskan, masyarakat Indonesia mengalami perubahan pola perilaku selama Pandemi Covid-19.

Dari yang tadinya gemar belanja offline, menjadi online. Hal itu dipengaruhi perkembangan teknologi yang sangat pesat di tahun ini, sehingga harus dijadikan momentum terbaik bagi setiap konten kreator dan startup founder untuk melebarkan sayap ke pasar global yang lebih luas.

Dia berharap, semua startup founder Indonesia bergabung dan memanfaatkan semua sumber daya yang disediakan Baparekraf dan KUMPUL.ID.

Baca juga : Samsung Ajak Pelajar Unjuk Gigi Pada Program Solve for Tomorrow

Sebab, banyak rangkaian workshop dan mentoring yang akan dilakukan agar semua pihak bisa terus berinovasi bersama teknologi. 

"Nanti ada 8 startup terpilih dari semua peserta yang akan dibimbing secara intens agar berkembang dan berpeluang mendapat suntikan dana mulai dari 100 ribu dolar Amerika," sebut Jesha.

Pendaftaran Baparekraf ScaleUp Champions masih dibuka hingga 31 Mei 2023, ll. Sejauh ini sudah ada 30 startup yang mendaftar. Guna mendapatkan seluruh informasi terkini terkait program, bisa mengakses akun Instagram bsc.baparekraf.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.