Dark/Light Mode

Praja IPDN Bantu Tasik Tangani Kemiskinan

Rabu, 28 Juni 2023 07:14 WIB
Rektor IPDN Hadi Prabowo (kiri) secara resmi menutup kegiatan Magang III Praja Madya di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Rektor IPDN Hadi Prabowo (kiri) secara resmi menutup kegiatan Magang III Praja Madya di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Program Magang ini, lanjut Hadi, merupakan bentuk implementasi program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM). Praja mengamati langsung di lapangan bagaimana kondisi warga setempat. Mulai dari kondisi rumah, pekerjaan dan sebagainya. Mereka langsung melakukan input data dan verifikasi melalui aplikasi KELOM.

Baca juga : Narasi People Power Bentuk Provokasi, Masyarakat Jangan Terbawa-bawa

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan kerja perangkat desa. Adapun progress verifikasi dan validasi data angka kemiskinan yang dilakukan para praja sudah mencapai 100 persen dari total jumlah Kartu Keluarga (KK) miskin Kota Tasikmalaya.

Baca juga : Ibas Bantu UMKM Untuk Pengembangan Wisata Kampung Susu Lawu

Sebelum divalidasi sebanyak 40.585 KK. Setelah divali dasi dengan KELOM menjadi 23.542 KK. Sehingga terko reksi 16.803 KK yang tidak masuk kategori masyarakat miskin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.