Dark/Light Mode

Makna Idul Adha, Menteri Basuki: Tanamkan Keikhlasan Saat Bertugas

Kamis, 29 Juni 2023 12:03 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono  melaksanakan Salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid As-Salam Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (29/6).
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono melaksanakan Salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid As-Salam Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (29/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Ibu Kartika Basuki Hadimuljono melaksanakan Salat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid As-Salam Kementerian PUPR, Jakarta.

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, peringatan Hari Raya Idul Adha dapat dimaknai untuk menanamkan sifat keikhlasan diri sata bertugas.

Baca juga : Maknai Idul Adha, Zulhas Ingatkan Pentingnya Pengorbanan Demi Kemajuan Indonesia

“Intinya makna Idul Adha adalah keikhlasan untuk berbuat sesuatu, untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari kita, tidak hanya materi, tetapi juga bisa pikiran, tenaga, dan kerja keras,” ujar Basuki, Kamis (29/6). 
 
Menteri Basuki mencontohkan, khusus untuk Insan PUPR yang menjalankan tugas di mana saja di seluruh Indonesia, banyak sekali pegawai PUPR bertugas di luar Jakarta yang berpisah dengan keluarganya yang hari ini tidak bisa pulang. Hal ini juga bisa dimaknai keikhlasan untuk berbuat yang terbaik bagi organisasi, rakyat dan negara.  “Makna kurban Idul Adha adalah keikhlasan,” tegasnya.

Pada peringatan Idul Adha tahun ini, penerimaan hewan kurban 
Kementerian PUPR sebanyak 106 ekor sapi dan 125 ekor kambing yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti di 21 masjid dan musala di kompleks perumahan Kementerian PUPR di Jabodetabek, 53 masjid dan musala serta 17 pondok pesantren dan panti asuhan di Jabodetabek dan Banten. 

Baca juga : Meneladani Nabi Ibrahim Saat Idul Adha Dengan Ketaatan Dan Pengorbanan

Hewan kurban juga didistribusikan di daerah-daerah yang membutuhkan seperti Bantul, Yogyakarta, Boyolali, Manado, Flores, termasuk kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  

Hewan kurban ini merupakan donasi pribadi pegawai Kementerian PUPR yang dikumpulkan oleh Panitia Kurban Kementerian PUPR dan pengurus Masjid As-Salam. Penyaluran hewan kurban ini merupakan bentuk kepedulian/solidaritas/gotong-royong Keluarga Besar Kementerian PUPR kepada masyarakat yang membutuhkan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.