Dark/Light Mode

Diresmikan Kemenag

Pagoda Tertinggi Resmi Berdiri Di Tanjungpinang

Senin, 10 Juli 2023 07:45 WIB
Pagoda Sata Sahasra Buddha. (Foto: Kemenag Kepri)
Pagoda Sata Sahasra Buddha. (Foto: Kemenag Kepri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia kini memiliki pagoda baru, yakni Sata Sahasra Buddha. Pagoda tersebut berlokasi di lingkungan Vihara Avalokitesvara Graha, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri).

Dirjen Bimas Buddha Ke­menterian Agama (Kemenag) Supriyadi mengungkapkan, bangunan agama Budha ini diklaim sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Julukan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dianggap tepat karena memiliki tinggi 36,8 meter yang tersusun atas 9 lantai.

Baca juga : Prabowo Dan Erick Thohir Raih Sentimen Positif Tertinggi Pada Gen Z Dan Milenial

“Saya memberi apresiasi kepada pemerintahan di Provinsi Kepri dan semua pihak yang telah mampu mewujudkan Kepri dengan indeks kerukunan tertinggi nasional,” ujarnya dalam keterangan pers, kemarin.

Supriyadi mengatakan, ke­beradaan Pagoda ini sebagai salah satu bagian dari obyek puja agama Buddha. Bangunan ini sangat diperlukan bagi umat Buddha.

Baca juga : Bantul Gempa, Getaran Terasa Hingga Kediri Dan Mojokerto

“Untuk itu, kepada Pembina yayasan dari seluruh jajaran, kami mengucapkan terima ka­sih dan apresiasi atas kerja keras pembangunan Pagoda,” paparnya.

Ia mendapatkan informasi bahwa pembangunan Pagoda ini tidak mudah. Butuh waktu se­lama 7 tahun lebih untuk mewu­judkan bangunan keagamaan dengan desain dan arsitektur megah.

Baca juga : 7 Jemaah Wafat Di Arafah, Kemenag Siapkan Skema Agar Tidak Terulang Di Mina

“Dari arsitektur ini megah dan bernuansa religi. Semoga pagoda ini dapat memperkuat keyakinan dan menjadi penunjang apa yang diperlukan,” katanya.

Pembangunan Pagoda se­lain untuk sarana beribadah juga memiliki tujuan menjaga toleransi agama yang kuat. Pemerintah mendukung pembangunan ini demi mewujudkan masyarakat yang harmonis dan moderat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.