Dark/Light Mode

Di Forum PBB, Otorita IKN Pastikan Aksi Nyata Pembangunan Berkelanjutan Di Seluruh Nusantara

Rabu, 12 Juli 2023 09:04 WIB
High Level Political Forum 2023 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa, di New York, Amerika Serikat.(Foto: Istimewa)
High Level Political Forum 2023 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa, di New York, Amerika Serikat.(Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia, yang diwakili Otorita Ibu Kota Nasional hadir dalam agenda High Level Political Forum 2023 di Markas Besar Perserikatan Bangsa-bangsa, di New York, Amerika Serikat.

Pertemuan ini dihadiri delegasi dari 196 negara ini bertemakan ‘’Accelerating the recovery from the coronavirus disease (Covid-19) and the full implementation of the 2030 Agenda for Sustainable Development at all levels” atau “Percepatan Pemulihan dari Pandemic Covid-19 dan Impelentasi Penuh Agenda 2030 Untuk Pembangunan Berkelanjutan di Semua Tingkatan”.

Kegiatan yang didukung penuh oleh The Economic and Social Council (ECOSOC) pada 10–20 Juli 2023, dihadiri pemerintah Indonesia, yaitu perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Baca juga : Jubir Muda PAN: Didukung Peran Milenial, Pembangunan Harus Berkelanjutan

Hadir pula Otorita Ibu Kota Nusantara, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Kementrian Luar Negeri, Badan Pemeriksaan Keuangan, anggota DPR serta didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia, Konsulat Jendral Republik Indonesia dan Perwakilan Tetap Republik Indonesia yang berkedudukan di New York.

Dalam kesempatan ini, Indonesia menghadirkan pameran hasil-hasil SDGs (Sustainable Development Goals) tingkat nasional sampai desa, termasuk sajian informasi dari Otorita Ibu Kota Nusantara.

Para pengunjung eksebisi antusias menanyakan mengenai persiapan Ibu Kota Nusantara baru di Indonesia ini, mulai dari lokasi, infrastruktur, sarana pendukung serta hal-hal lainnya.

Baca juga : Ganjar Pastikan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah Tidak Terhambat Pasca Gempa Yogya

Dalam Forum internasional ini, Indonesia juga akan menyajikan seminar dalam tajuk bertema Driving Changes at the Local Level: Innovative Approaches to Localize the SDGs yang akan berlangsung pada 17 Juli 2023.

Hadir dalam sesi pembukaan HLPF 2023 pada Senin, 10 Juli 2023 dari perwakilan Otorita IKN adalah Agung Dodit Muliawan selaku Direktur Pengawasan dan Audit Internal, Agung Purnomo selaku Direktur Hukum dan Troy Pantouw selaku Tenaga Ahli Komunikasi.

Dalam kesempatan terpisah, Troy menyatakan, kehadiran Otorita Ibu Kota Nusantara dalam Forum PBB ini menegaskan komitmennya untuk mengawal dan menjalan aspek-aspek terkait dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan secara terintegrasi. Antara lain sebagai kota pintar berkelas dunia akan mengedepankan sisi lingkungan hidup. Melalui konsep kota hijau dengan 65 persen adalah hutan.

Baca juga : Penumpang Pelita Air Lahirkan Bayi Cantik Dengan Selamat Di Pesawat

"Nantinya Nusantara merupakan kota netral karbon pertama di Indonesia, dengan fasilitas pendidikan dan kesehatan berkelas dunia,"ujar Troy dalam keterangannya, Rabu (12/7).

Menurutnya, hal ini akan menjadi kota yang nyaman, untuk dihuni dan untuk bisnis yang mengedepankan prinsip-prinsip pelibatan seluruh pemangku kepetingan di kota Nusantara.

"Berbagai target tujuan seperti pengurangan kemiskinan, memastikan kualitas Pendidikan dan layanan kesehatan, mempromosikan kota dan komunitas berkelanjutan, penanganan perubahan iklim dan mendorong pertumbuhan ekonomi, ” pungkas Troy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.