Dark/Light Mode

Perkokoh Pertahanan Negara

Menhan Ajak Turki Kembangkan Alutsista

Senin, 17 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan di kantornya, Jakarta, kemarin. (Foto: Twitter @Kemhan_RI)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan di kantornya, Jakarta, kemarin. (Foto: Twitter @Kemhan_RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mempererat hubungan kerja sama dengan Turki. Hal ini dipastikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan di kantornya, Jakarta, kemarin.  

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas sejumlah topik terkait hubungan bilateral kedua negara di bidang pertahanan. Prabowo mengatakan, Turki adalah negara sahabat yang penting dan telah lama bekerja sama di bidang pertahanan dalam kerangka bilateral.

Baca juga : Kolaborasi Dengan HIPMI, CIMB Niaga Ajak UMKM Sulsel Kembangkan Bisnis

“Saya melihat, masih banyak ruang dan bidang kerja sama per­tahanan yang dapat dimanfaat­kan kedua negara di masa men­datang,” ujar Prabowo dalam keterangan resminya, kemarin.

Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai, kerja sama kedua negara harus ditingkatkan dengan membangun rasa saling percaya. Kedua negara juga dapat bekerja sama meningkat kapasitas angkatan bersenjata maupun sektor industri pertahanan.

Baca juga : Teknologi MICS, Penanganan Jantung Dengan Luka Sayatan Minimal

Indonesia dan Turki, kata Prabowo, saat ini memiliki do­kumen kesepakatan kerja sama di bidang industri pertahanan yang ditandatangani sejak 2010. Hubungan erat antar kedua negara juga tercermin dari adanya forum dialog pertahanan antara Indonesia dan Turki (Defence Dialogue Meeting Indonesia-Turkiye) yang mulai berjalan sejak 2020.

“Jadi, kedua negara juga me­miliki kerja sama penelitian dan pengembangan di bidang pertahanan,” tutur Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Baca juga : Pertamina Gandeng Toyota Kembangkan Ekosistem Mobil Hidrogen

Kerja sama yang telah dilak­sanakan saat ini yaitu, penelitian dan pengembangan software defence radio antara Aselsan (Turki) dengan PT Wellracom Megahjaya dan PT LEN (Indonesia).

Selain itu, terdapat kerja sama penelitian dan pengembangan IFV-Infantry Fighting Vehicle antara FNSS (Turki) dan PT Pin­dad (Indonesia). Kedua negara juga memiliki kerja sama untuk peningkatan kapasitas industri pertahanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.