Dark/Light Mode

Perkokoh Pertahanan Negara

Menhan Ajak Turki Kembangkan Alutsista

Senin, 17 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan di kantornya, Jakarta, kemarin. (Foto: Twitter @Kemhan_RI)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan di kantornya, Jakarta, kemarin. (Foto: Twitter @Kemhan_RI)

 Sebelumnya 
Bahkan jauh sebelumnya, kemitraan strategis Indonesia-Turki sudah dideklarasikan sejak 5 April 2011. Di antaranya, kon­trak kerja sama jual beli antara Kemenhan dengan Havelsan, perusahaan software asal Turki, PT PAL, PT Noahtu Shipyard dan PT Tesco Indomaritim untuk sejumlah kegiatan. Seperti CMS Offishore Patrol Vessel (OPV) Warship, CMS Offshore Patrol Vessel (OPV) 90 M Warship, CMS (KCR) 90 M Warship, CMS Frigate Warship.

Selanjutnya, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Bogazici Savunma Teknolojileri, perusa­haan Turki yang memproduksi sistem deteksi dan netralisasi drone.

Baca juga : Kolaborasi Dengan HIPMI, CIMB Niaga Ajak UMKM Sulsel Kembangkan Bisnis

Kerja sama pun disepakati untuk kegiatan Antidrone and Weapory. Berikutnya, penandatanganan kontrak kerja sama jual beli antara Kemrn­han dengan Tais Gemi Insa Ve Teknoloji AS asal Turki dengan kegiatan Kapal Cepat Rudal (KCR) Full Combat Mission.

Lalu terakhir, kerja sama jual beli antara Kemhan dengan Ro­ketsan, Turkiye dan PT Noahtu Shipyard.

Baca juga : Teknologi MICS, Penanganan Jantung Dengan Luka Sayatan Minimal

Pengamat militer dan pertahanan Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengapresiasi kerja sama antara Indonesia dan Turki.

Menurut Fahmi, untuk mem­bantu dan mengembangkan industri pertahanannya, Indo­nesia harus terus membangun kolaborasi dengan banyak pihak.

Baca juga : Pertamina Gandeng Toyota Kembangkan Ekosistem Mobil Hidrogen

Terutama, terkait teknologi alat utama sistem senjata (alut­sista), target pemasaran, dan juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita berharap kerja sama ini menjadi yang terbaik bagi Indonesia dan Turki. Apalagi, bagi Indonesia sendiri yang sedang berupaya mengembang­kan industri pertahanan dan kemandirian alutsista,” harap­nya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.