Dark/Light Mode

Menko PMK Ajak Hijrah Spiritual dan Intelektual Demi Kemajuan Bangsa

Kamis, 20 Juli 2023 21:52 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Humas Kemenko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Humas Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengajak seluruh umat Islam untuk dapat memaknai pergantian Tahun Baru Hijriyah.

Yakni, dengan bermuhasabah dan merefleksikan amal ibadah untuk memperbaiki diri demi kemajuan bangsa.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara Gebyar Hijriyah Tahun Baru Islam 1445 H dengan tema “Transformasi Nilai Hijriah Menuju Indonesia Tinggal Landas” yang diselenggarakan Badan Pengelola Masjid Istiqlal di Lantai Utama Masjid Istiqlal, Rabu (19/7).

Muhadjir menambahkan, pergantian Tahun Baru Hijriyah perlu dimaknai sebagai “hijratun nafsiah” dan “hijratul amaliyah” yaitu perpindahan secara spiritual dan intelektual.

Baca juga : Menko PMK Puji Seleksi SSP Pertamina Bebas Dari Titipan

Perpindahan dari kekufuran kepada keimanan dengan meningkatkan kesungguhan dalam beribadah.

Kemudian, meningkatkan ilmu pengetahuan, serta perbaikan diri dari kondisi kemiskinan kepada kecukupan ekonomi dengan kerja keras dan tawakal.

Muhadjir juga mengajak seluruh umat saling bergotong-royong dan saling mendukung serta bekerja keras dalam menjaga hati, pikiran, dan langkah sebagai bagian dari berhijrah menuju kemajuan dan keunggulan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Hijrah diri merupakan titik tolak paling dasar untuk dapat berkontribusi menuju Indonesia maju," tutur Muhadjir yang merupakan Ketua Dewan Pengarah Masjid Istiqlal, dalam sambutannya.

Baca juga : Menko PMK: Pemerintah Serius Cegah Dan Tindak TPPO

Seraya menutup sambutannya, Muhadjir mengajak umat yang hadir dalam acara itu untuk menyerukan Sholawat Asyghil seraya berdoa bersama untuk keselamatan dan kemajuan bangsa Indonesia dalam menghadapi rintangan dan tantangan di masa depan.

Diketahui, rangkaian peringatan 1 Muharram 1445 H ini telah dimulai sejak sehari sebelumnya.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an selama seharian penuh dan dilanjutkan dengan Qiyamul Lail pada malam pergantian tahun hijriyah.

Puncak acara yang dihadiri ratusan umat itu ditutup dengan Tabligh Akbar Muharram dengan tausiyah dari Ketua Yayasan Alfachriyah Serang Banten Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan.

Baca juga : Denny JA: Penyair Adalah Pemimpin Spiritual Sebuah Bangsa

Serta, Wakil Ketua Umum PBNU yang juga sekaligus Pembina Majlis Darul Mustafa Zulfa Mustafa.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, Imam Besar Masjid Istiqlal dan Ketua Harian BPMI Nasaruddin Umar, serta Atase Agama Kedutaan Besar Malaysia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.