Dark/Light Mode

Gagal Tangani Karhutla, Jokowi dan Tito Sepakat Copot Kapolda Hingga Kapolsek

Selasa, 17 September 2019 11:41 WIB
Kapolri Tito Karnavian
Kapolri Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak hanya Jokowi, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian juga akan mencopot kapolda hingga kapolsek jika tak mampu menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan menangkap para pelakunya. 

Untuk mengawasi kinerja jajarannya, Kapolri telah membentuk tim dari Mabes Polri dan Itwasum.

Baca juga : Jokowi: Saya Senang

“Tim akan melakukan pengawasan. Jadi kalau seandainya di polda itu ada yang tidak terkendali dan tidak ada upaya maksimal, apalagi penangkapan enggak ada, out. Mau kapolda maupun kapolres, kapolsek out,” tegas Tito dalam keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Jokowi di Pekanbaru, Riau, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (17/9).

Kendati demikian, Tito juga berjanji akan memberikan penghargaan kepada jajarannya jika berhasil mengatasi karhutla dan menindak tegas para pelaku. 

Baca juga : Jokowi Bagikan 345 Sertipikat Di Kalbar

“Seandainya mereka berhasil melakukan penangkapan, sesuai dengan gradenya beda-beda tiap Polda, kita berikan reward. Mau sekolah, promosi, termasuk KPLB, itu akan kita berikan,” ujarnya.

Ia berharap langkah ini akan meningkatkan kinerja jajaran Kepolisian di berbagai daerah untuk mengatasi masalah karhutla yang semakin memburuk dalam beberapa hari terakhir ini. 

Baca juga : Tito Tak Mau Repot Sendiri

Selain itu, Kapolri juga akan mengirimkan tim dari Bareskrim untuk menangani masalah karhutla yang disebabkan oleh korporasi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi  juga akan mencopot jabatan panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) dan Kapolda jika tak mampu mengatasi masalah kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :