Dark/Light Mode

Cerita Soal Kelaparan Papua

Risma Mewek

Jumat, 4 Agustus 2023 08:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Antara)
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Setelah bisa mengendalikan emosinya, Risma mulai melanjutkan pembicaraannya dan memastikan stok pangan untuk warga terdampak kelaparan cukup untuk dua minggu.

Risma menuturkan, bantuan untuk warga terdampak dikirim secara bertahap sejak Minggu (23/7) sampai Senin (31/7). “Jadi (pengiriman) bantuan dilanjut hari Kamis (24/7), Jumat, Sabtu, sehingga kita bisa selesaikan hari Senin (31/7/2023). Hari minggu tidak terbang, tidak ada aktivitas karena itu hari ibadah,” jelas Risma.

Baca juga : Kelaparan Di Papua Dan Potensi 9 Masalah Kesehatan Akibat El Nino

Sebagai informasi, bantuan yang diberikan sebanyak 25,15 ton, meliputi bantuan dari Kemensos, bantuan dari TNI, dan bantuan dari PT Freeport. Jenis bantuan dari Kemensos meliputi makanan siap saji 4.000 paket, makanan anak 4.000 paket, lauk pauk siap saji 2.000 paket, dan tenda gulung 500 lembar.

Lalu, sarden 25 dus, kornet 32 dus, abon sapi 15 dus, biskuit 18 dus, pakaian anak (TK, SD dan SMP) 3.000 stel, pakaian dewasa 4.000 stel, celana dewasa 4.000 lembar, dan selimut 4.000 lembar. Adapun bantuan dari Panglima TNI berupa beras 50 karung masing-masing 40 kg, sembako 600 paket, dan mie instan 200 dus. Bantuan dari PT Freeport meliputi sarden 100 dus, dan biskuit 100 dus.

Baca juga : Kelaparan Di Papua Diurus Wapres

Meskipun sudah banyak bantuan dikirim ke Papua, Risma menyebut stok itu tidak cukup bila ternyata bencana berlangsung lebih lama. Untuk itu, Risma berencana membangun lumbung pangan di Papua Tengah. Lumbung pangan ini untuk memudahkan warga setempat menjangkau bantuan bila terjadi bencana.

Nantinya, lanjut Risma, lumbung-lumbung sosial itu akan diisi umbi-umbian hingga membuat peternakan babi yang dibantu oleh masyarakat sekitar. “Kita tidak ingin ada yang meninggal lagi,” jelas eks Wali Kota Surabaya ini.

Baca juga : Pena Mas Ganjar Adakan Gerakan Penanaman Mangrove Di Demak

Di tempat terpisah, Menko Polhukam Mahfud MD memastikan Pemerintah telah menyiapkan bantuan tambahan bagi korban kelaparan di Papua Tengah. Mahfud mengatakan, Kemensos, TNI-Polri, hingga BNPB tengah menyiapkan seluruh bantuan yang diperlukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.