Dark/Light Mode

Implementasikan Teknologi Digital

Pertemuan ASEAN Bikin Ibu Kota Makin “Cerdas”

Rabu, 9 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan paparan saat pembukaan The 6th ASEAN Smart Cities Network (ASCN) Annual Meeting di Jimbaran, Badung, Bali, Rabu (12/7/2023). (Foto: Antara)
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan paparan saat pembukaan The 6th ASEAN Smart Cities Network (ASCN) Annual Meeting di Jimbaran, Badung, Bali, Rabu (12/7/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kekuatan Indonesia pada ASEAN 2023 bisa memberikan dampak yang besar bagi kota-kota besar di Tanah Air. Salah satunya, implementasi dari berbagai teknologi digital yang membuat Ibu Kota menjadi semakin cerdas.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian men­dukung upaya penerapan smart city di penjuru Indonesia, sebagai tindak lanjut dari ASEAN Summit 2023. Terutama di Ja­karta sebagai Ibu Kota saat ini.

Baca juga : BNI Fasilitasi Layanan Digital Perbankan Bagi Bluebird

“Dalam smart city (kota cer­das) diperlukan kolaborasi antar Pemerintah dengan akademik, swasta, elemen masyarakat untuk membangun kota yang cerdas,” ujar Tito dalam keterangan pers, kemarin.

Kemajuan teknologi khusus­nya digitalisasi, untuk di kota-kota memang sudah berjalan. Banyak inovasi yang dikerjakan oleh kota-kota besar terutama Jakarta. Implementasi itu salah satunya merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat.

Baca juga : Penerimaan Pajak Parkir Di Ibu Kota Paling Seret

“Nah, kami beranggapan digi­talisasi ini akan mempermudah pelayanan publik, mempermu­dah akses masyarakat, transpor­tasi yang baik, bidang kesehatan, pendidikan, bantuan sosial dan lainnya,” katanya.

Berbagai rencana Smart City tertuang dalam Meeting of Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) 2023. Fo­rum yang merupakan rangkaian pertemuan ASEAN Summit 2023 ini akan menjadi bagian integral dari perputaran dinamis dalam skema pengembangan kota. Tidak hanya Jakarta, tapi berbagai kota dari negara yang menjadi anggota ASEAN.

Baca juga : Menteri Teten: Perlu Revolusi Mental Perbaiki Image Buruk Koperasi

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, hasil dari perte­muan MGMAC nanti akan diba­has di tingkat pusat. Isinya untuk mempercepat implementasi smart city.

“Nanti kegiatan di beberapa kota saling mendukung dalam menjalankan kesepakatan-ke­sepakatan yang nanti tertuang dalam MGMAC,” ujar Heru, menjawab pertanyaan Rakyat Merdeka, dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Jakarta, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.