Dark/Light Mode

Implementasikan Teknologi Digital

Pertemuan ASEAN Bikin Ibu Kota Makin “Cerdas”

Rabu, 9 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan paparan saat pembukaan The 6th ASEAN Smart Cities Network (ASCN) Annual Meeting di Jimbaran, Badung, Bali, Rabu (12/7/2023). (Foto: Antara)
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan paparan saat pembukaan The 6th ASEAN Smart Cities Network (ASCN) Annual Meeting di Jimbaran, Badung, Bali, Rabu (12/7/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Heru mengatakan, teknologi digital secara bertahap saat ini sudah berjalan di berbagai bi­dang. Terutama terkait layanan publik. Pasca ASEAN Summit akan semakin dikembangkan dan diperluas.

“Pemda akan meningkatkan pemanfaatan teknologi sesuai yang akan disepakati nanti. Ha­rapannya, semua menggunakan teknologi,” harapnya.

Sebagai bentuk kolaborasi, saat ini Singapura sudah menawarkan kolaborasi bagi se­bagian Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia untuk magang. Nanti setelah pulang dari sana, mereka bisa memiliki pengala­man untuk mengimplementasi­kan smart city di Jakarta.

Salah satu poin utama dalam kesepakatan adalah saling ber­bagi pengalaman antara kota-kota ASEAN, seperti Jakarta dan Bangkok, maupun Singapura.

Baca juga : BNI Fasilitasi Layanan Digital Perbankan Bagi Bluebird

Heru menjelaskan, Jakarta telah berbagi pengalaman ten­tang smart city dan transportasi dengan kota-kota mitra seperti Bangkok.

“Kami telah membangun re­lasi sister city yang solid dengan Bangkok. Jakarta yang lebih mandiri dalam mengelola sektor transportasi dari sisi intervensi Pemerintah Pusat, memberikan contoh kepada Bangkok yang masih sangat tergantung pihak swasta dalam pengelolaannya,” paparnya.

Di samping dengan Bangkok, Jakarta juga berbagi pengalaman berharga dengan negara-negara tetangga seperti Laos, Kam­boja, dan Vietnam dalam upaya meningkatkan pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Heru menjabarkan, Jakarta mengidentifikasi kelebihan khu­sus dari masing-masing kota untuk diadopsi dan diterapkan sesuai dengan kebutuhan se­tempat.

Baca juga : Penerimaan Pajak Parkir Di Ibu Kota Paling Seret

Hal ini membantu mencip­takan kerangka kerja yang unik dan efektif guna mengatasi tan­tangan perkotaan yang beragam.

Saat ini, bidang smart city, Jakarta mengambil langkah signifikan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan berbagai inovasi. Seperti aplikasi perizinan JAKI dan pengendalian banjir dengan sistem sensor di titik lokasi yang rawan.

Pemda DKI juga telah me­luncurkan program penanga­nan perubahan iklim, seperti peninggian tanggul pantai dan proyek giant sea wall.

“Baru-baru ini juga, Presiden Jokowi telah meresmikan So­detan Ciliwung yang menggu­nakan teknologi modern untuk memantau dan mengatur aliran air,” ungkapnya.

Baca juga : Menteri Teten: Perlu Revolusi Mental Perbaiki Image Buruk Koperasi

Dalam dialog FMB9 ini, Dosen Kajian Pengembangan Perkotaan SKSG Universitas Indonesia Lin Yola menekankan pentingnya teknologi dan inovasi dalam mendukung urbanisasi yang tinggi di kawasan ASEAN.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 9/8/2023 dengan judul Implementasikan Teknologi Digital, Pertemuan ASEAN Bikin Ibu Kota Makin “Cerdas”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.