Dark/Light Mode

Dampingi Jokowi Uji Coba LRT Jabodebek

Lancar, Erick Senang

Jumat, 11 Agustus 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir foto-foto dengan para artis saat uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Jatimulya, Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, kemarin. (Foto: Setpres)
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir foto-foto dengan para artis saat uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Jatimulya, Bekasi, menuju Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, kemarin. (Foto: Setpres)

 Sebelumnya 
Mantan Wali Kota Solo ini juga memastikan, Pemerintah bakal mensubsidi tiket LRT Jabodetabek. Subsidi yang diberikan bakal serupa dengan yang diberikan untuk moda transportasi massal lainnya, seperti Transjakarta, KRL, MRT, kereta api, dan kereta cepat.

Menurut Jokowi, subsidi diperlukan agar tarif transportasi massal terjangkau dan mampu menarik minat masyarakat. Soal besaran subsidi yang akan diberikan untuk LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, ia menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri Perhubungan.

“Biar dihitung nanti secara teknis. Masa Presiden disuruh ngitung-ngitung seperti itu,” seloroh Presiden ke-7 RI ini.

Baca juga : Erick: Alhamdulillah, Uji Coba LRT Jabodebek Hari Ini Lebih Lancar

Erick yang ikut dalam rombongan ikut senang mendengar Jokowi sudah puas dengan uji coba kedua ini. Bila tidak ada halangan, Erick menyebut, akhir bulan ini LRT sudah bisa dioperasikan agar bisa mengurai kemacetan di Jabodebek.

“Alhamdulillah, uji coba hari ini lancar. Pintu kereta dan pintu stasiun, telah sepenuhnya selaras saat kereta berhenti. Rencananya, Presiden Jokowi akan meresmikan LRT Jabodebek pada 26 Agustus 2023,” tutur Erick.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengemukakan uji coba LRT berjalan lancar dan aman, sesuai standar keamanan transportasi. Pihaknya pun siap jika 26 Agustus 2023 LRT akan dioperasikan.

Baca juga : Presiden Jokowi Dan Pj Gubernur Heru Jajal LRT Jabodebek

Kata Didiek, proses uji coba yang dilakukan dari Stasiun Jatimulya sampai Stasiun Dukuh Atas ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50 kilometer (km) per jam. Sebelum melaksanakan uji coba tersebut, KAI telah melakukan berbagai peningkatan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk integrasi sistem perangkat lunak sesuai dengan arahan Kementerian BUMN.

Evaluasi dan perbaikan akan dilakukan secara berkelanjutan terutama pada perangkat lunak dan sistem automasi kereta. Hal itu sangat penting mengingat LRT akan beroperasi secara otomatis, tanpa ada masinis.

Di dunia maya, kabar LRT akan segera dioperasikan untuk umum disambut antusias warga dunia maya. “Mantul Pak @jokowi @erickthohir. Ini adalah kado untuk rakyat Indonesia di Hari Kemerdekaan Indonesia,” ungkap @AirinDatangLagi. “Indonesiaku, kini semakin maju. Lanjutkan pak,” pesan @Carlamaya_. “Alhamdulillaah. Semoga selalu membawa manfaat dalam melayani mobilitas masyarakat,” ucap @Nopri_ancha. “Jadi ingin menggunakan fasilitas ini. Keren banget,” puji @NDUT_GEMES.

Baca juga : Prabowo Dan Erick Semobil Indonesia 1

“Alhamdulillah. Transportasi umum makin maju,” aku @Arindra_. “Mantap Pak Erick. LRT moda transportasi masa depan segera beroperasi,” kata @plshn1. “Kayak gini belum pernah kita lihat zaman-zaman dulu, sebelum Pak Jokowi dan Pak Erick Thohir,” kenang @Ruhi_Ruhi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 11/8/2023 dengan judul Dampingi Jokowi Uji Coba LRT Jabodebek, Lancar, Erick Senang

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.