Dark/Light Mode

Nggak Cukup Andalkan Militer

2.497 Komcad Jaga Pertahanan Negara

Sabtu, 12 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mengecek kesiapan pasukan saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 di Lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (Foto: Antara)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mengecek kesiapan pasukan saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 di Lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk melindungi pertahanan negara tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan militer. Keberadaan Komponen Cadangan (Komcad) bisa diandalkan dalam situasi darurat.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat mewakili Presiden Jokowi menetapkan secara resmi 2.497 Komcad Tahun 2023 di Pusdiklatpassus, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, kemarin.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengatakan, Indonesia ha­rus memperkuat daya tangkal pada setiap potensi ancaman, menyiapkan antisipasi sedini mungkin, serta terus membangkitkan kesadaran bela negara.

Baca juga : Menhan Minta KKIP Rekomendasikan Belanja Pertahanan Yang Untungkan Ekonomi

“Pertahanan negara tidak cukup hanya ditangani kekuatan militer, tetapi tugas dan kewajiban seluruh Warga Negara Indonesia (WNI),” tegasnya.

Prabowo menambahkan, kon­sep kesemestaan harus diterap­kan dengan meningkatkan setiap warga negara sebagai Komcad yang nantinya dapat dimobilisasi sewaktu-waktu untuk kepentingan pertahanan negara.

“Kita sudah memiliki Komcad dari tiga matra untuk strategi pertahanan memperkuat kapa­sitas komponen utama, untuk keadaan negara darurat militer atau perang,” tuturnya.

Baca juga : Andika Minta Para Capres Kompak Jaga Stabilitas

Untuk itu, kata Prabowo, Pemerintah terus menyiapkan SDM unggul tangguh dan patriotik. Selain itu, Kementerian Pertahanan juga melakukan modernisasi alutsista ketiga matra.

Eks Danjen Kopassus ini mengungkapkan, Komcad kini sudah terdiri dari 18 batalion yang siap diturunkan sewaktu-waktu dalam mempertahankan negara.

“Komcad memiliki kualitas yang baik dari segi kedisiplinan, hingga ketangkasan yang terlihat dari demonstrasi yang ditunjuk­kan dalam penetapan ini seperti bongkar pasang senjata dan lain­nya,” jelasnya.

Baca juga : Teten Tegaskan Hilirisasi Komoditas Unggulan Daerah Perluas Lapangan Kerja

Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mengapresiasi had­irnya Komcad sebagai alat per­tahanan negara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.