Dark/Light Mode

Nggak Cukup Andalkan Militer

2.497 Komcad Jaga Pertahanan Negara

Sabtu, 12 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mengecek kesiapan pasukan saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 di Lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (Foto: Antara)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mengecek kesiapan pasukan saat Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2023 di Lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Meutya juga mengharapkan komponen yang terdiri dari warga negara nonmiliter ini jadi jawaban atas perkembangan geopolitik global.

“Kami di Komisi I berharap Komcad diteruskan untuk men­jadi jawaban tantangan geopoli­tik yang ada,” tuturnya.

Pengamat Pertahanan Insti­tute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan, kekuatan pertah­anan negara terdiri atas tiga komponen. Yaitu, TNI sebagai komponen utama, komponen cadangan dan komponen pen­dukung.

“Karena manifestasi amanat konstitusi dan telah tertuang dalam konsep, sudah barang tentu Komcad ini diperlukan kehadirannya,” bebernya.

Baca juga : Menhan Minta KKIP Rekomendasikan Belanja Pertahanan Yang Untungkan Ekonomi

Urgensi Komcad, kata dia, makin menguat jika mengacu pada 4th Generation Warfare (4GW) atau peperangan generasi keempat yang bersifat asimetris dan tidak linier.

Menurut Fahmi, para pihak yang terlibat dalam perang generasi keempat ini tidak lagi saling berhadapan secara lang­sung dengan manuver dinamis pada medan perang yang menye­bar dan tidak terpusat.

“Peperangan generasi keem­pat adalah konflik yang ditandai dengan kaburnya garis antara perang dan politik, kombatan dan warga sipil,” jelasnya.

Penetapan Komcad telah dilakukan sejak tahun 2021. Hingga tahun 2023, Indonesia telah memiliki sebanyak 8.574 personel.

Baca juga : Andika Minta Para Capres Kompak Jaga Stabilitas

Sebelum dilantik menjadi Komcad, mereka terlebih dahulu menempuh pendidikan latihan dasar militer (latsarmil) selama tiga bulan.

Untuk angkatan tahun 2023, Kementerian Pertahanan sebelumnya telah membuka pendaf­taran Komcad sejak 2 Januari-14 April 2023 untuk tiga matra, yakni matra darat, laut dan udara.

Pelaksanaan Latsarmil Komcad 2023 tiap matra dilaksanakan di tempat berbeda. Latsarmil Komcad Matra Darat dilakukan di Rindam I Bukit Barisan Sumatera Utara, Rindam IX/Udayana Bali, Rindam XIII/Merdeka Sulawesi Utara, dan Rindam XVII/Kasuari Papua Barat.

Kemudian, Latsarmil Komcad Matra Laut dilaksanakan di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) di Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga : Teten Tegaskan Hilirisasi Komoditas Unggulan Daerah Perluas Lapangan Kerja

Sementara, Latsarmil Komcad Matra Udara dilaksanakan di Wingdik 800/PASGAT di Bandung, Jawa Barat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 12/8/2023 dengan judul Nggak Cukup Andalkan Militer, 2.497 Komcad Jaga Pertahanan Negara

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.