Dark/Light Mode

Menteri Budi: Kominfo Harus Jadi Ujung Tombak Pembangunan Digital

Kamis, 17 Agustus 2023 15:06 WIB
Menkominfo, Budi Arie Setiadi memimpin upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta. Kamis (17/8) (Foto:Kominfo)
Menkominfo, Budi Arie Setiadi memimpin upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta. Kamis (17/8) (Foto:Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memimpin upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

Dalam pidatonya, Budi ingin Kementerian Kominfo menjadi ujung tombak pembangunan infrastruktur dan ekosistem digital yang merata.

"Sebagaimana para pahlawan mengambil langkah penuh keberanian menuju kemerdekaan, Kita harus yakin untuk mengambil langkah menuju ruang digital berdaulat dan inklusif bagi semua," ujar Budi di sela upacara Peringatan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8).

Baca juga : Sandination Hadirkan Ruang Tumbuh Navigasi Peningkatan Diri Generasi Muda

Menurut Budi, komitmen kolektif sivitas Kementerian Kominfo merupakan modal dasar kesuksesan yang perlu dijaga.

"Saya mengajak semua yang di pusat maupun daerah, agar bangkit dengan energi baru, bangkit dengan komitmen baru. Mari kita nyalakan kembali semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia, sebagai nafas dalam membangun konektivitas ke seluruh penjuru negeri," ajak mantan Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) ini, .

Saat ini, Kementerian Kominfo memiliki tugas penting agar masyarakat Indonesia mendapatkan manfaat optimal dari kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Baca juga : Survei BI: Harga Properti Lanjutkan Tren Peningkatan Pada Kuartal II

"Apabila seabad lalu negara-negara Eropa dan Amerika Utara mendominasi kemajuan ekonomi global, kini menurut studi IMF, empat dari lima negara yang diproyeksikan menjadi raksasa ekonomi dunia di masa depan berasal dari benua Asia. Indonesia menduduki salah satu posisi tersebut bersama dengan Tiongkok, India, dan Jepang," ungkap Menkominfo.

Menteri Budi menyatakan, penguasaan terhadap teknologi digital menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi. 

Berdasarkan studi Bappenas, teknologi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hingga sebesar 6%. Kontribusi ekonomi digital terhadap PDB nasional juga diprediksikan akan melonjak ke angka 20,7% pada tahun 2045.

Baca juga : Menteri Siti Beri Penghargaan Kepada Pemenang Lomba Wana Lestari 2023

"Data-data ini kembali menegaskan betapa strategisnya peran Kementerian Kominfo bagi pembangunan negeri ini," tandasnya.

Oleh karena itu, Menkominfo mengajak seluruh sivitas bergerak maju menyongsong masa depan bangsa dengan ukiran karya Kominfo di dalamnya.

"Tidak ada alasan untuk pesimis. Semua harus bergerak maju dalam optimisme. Semua harus terus melaju, untuk Indonesia maju, seperti tema peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, hari ini," tegasnyaâ– .
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.