Dark/Light Mode

Serahkan 17.106 SK Remisi Kemerdekaan RI, Khofifah: Segera Lakukan Integrasi Sosial & Adaptasi Psikososial

Jumat, 18 Agustus 2023 09:42 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan SK Pemberian Remisi Umum RU Tahun 2023 kepada 17.106 warga binaan Kemenkumham di Rumah Tahanan Negara Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kamis (17/8). (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan SK Pemberian Remisi Umum RU Tahun 2023 kepada 17.106 warga binaan Kemenkumham di Rumah Tahanan Negara Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kamis (17/8). (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pemberian Remisi Umum (RU) Tahun 2023 kepada 17.106 warga binaan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Perempuan Kelas IIA Surabaya, Porong Kab. Sidoarjo, Kamis (17/8).

Pemberian SK remisi yang dilakukan bertepatan dengan peringatan HUT Ke-78 RI ini, diserahkan Gubernur Khofifah didampingi Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari secara simbolis kepada Yan Mahendra yang mendapatkan RU II (Bebas) serta Arida Fadrus yang mendapat RU I pengurangan masa hukuman 3 bulan.

Baca juga : 2.606 Napi Bebas, Negara Bakal Hemat Rp 267 Miliar

Secara detail, sebanyak 16.851 orang mendapatkan pengurangan masa hukuman dan 255 orang lainnya langsung bebas.

Tercatat pada pemberian remisi kali ini di Jatim, tidak ada tahanan anak yang mendapat remisi.

Baca juga : Erick Dan Puan Optimistis, Kejuaraan Olahraga Internasional Bisa Dongkrak Pariwisata Nasional

Dalam sambutannya, Khofifah berpesan, bagi narapidana yang mendapat RU II (bebas) diharapkan segera melakukan proses integrasi sosial dan adaptasi psikososial kepada keluarga, serta masyarakat.

Menurutnya hal Ini penting, sehingga akan bisa menimbulkan trust atau kepercayaan baru dan memastikan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Baca juga : Srikandi Ganjar Lampung Lakukan Aksi Bakti Sosial Di Kota Metro

Harapannya proses integrasi sosial dan adaptasi psikososial sudah disiapkan ketika di dalam Lapas.

"Sehingga ketika sudah kembali ke masyarakat bisa memunculkan trust untuk memulai kehidupan baru dengan baik sesuai regulasi dan tidak mengulangi kesalahan sebelumnya,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.