Dark/Light Mode

Nggak Punya Sertifikat Halal

Produk Impor Dilarang Masuk Ke Indonesia...

Senin, 21 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Negara Kanada Mary Ng di Komplek Widya Chandra, Jakarta, kemarin. (Foto: Kemenag RI)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, saat menerima kunjungan Menteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Negara Kanada Mary Ng di Komplek Widya Chandra, Jakarta, kemarin. (Foto: Kemenag RI)

 Sebelumnya 
“Kami sangat berharap kerja sama di bidang halal dan pendi­dikan ini dapat segera terwujud. Terima kasih atas waktunya dan kami sangat tersanjung diterima dengan baik oleh Menag dan jajaran,” ucapnya.

Analis Senior Indonesia Stra­tegic and Economics Action Institution Ronny P. Sasmita menilai, jalan yang harus di­tempuh untuk larangan produk impor masuk Indonesia sebelum mengantongi sertifikat halal, masih panjang.

Baca juga : Indodax Targetkan Perkuat Industri Kripto Indonesia

Sebab, harus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perta­nian untuk barang impor yang terkait dengan pertanian.

Ronny menambahkan, jika kebijakan itu diterapkan akan memiliki sisi positif dan negatif.

Baca juga : Sandi Mandela: Prabowo Subianto, Pemimpin Matang Untuk Indonesia Emas 2045

Positifnya rencana kebijakan itu sangat baik untuk konsumen mayoritas di Indonesia terutama masyarakat Muslim yang memang dituntut untuk selalu konsumsi makanan dan barang yang halal.

“Dengan adanya aturan sema­cam itu, rasa was-was terhadap produk impor yang tidak halal akan hilang. Jadi, masyarakat Muslim bisa mengonsumsi ba­rang impor dengan jauh lebih mudah,” ujarnya.

Baca juga : Sambut Era Elektrifikasi, Honda Pamer Jajaran Mobil Listrik Di GIIAS

Sementara negatifnya, rencana kebijakan semacam ini akan membuat pasar Indonesia men­jadi agak tertutup karena hanya boleh dimasuki oleh barang-barang yang sudah berkategori halal.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 21/8/2023 dengan judul Nggak Punya Sertifikat Halal, Produk Impor Dilarang Masuk Ke Indonesia...

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.