Dark/Light Mode

Bursa Kabinet Jokowi

Syarifudin Digadang-gadang Gantikan Ryamizard

Sabtu, 21 September 2019 18:24 WIB
Bursa Kabinet Jokowi Syarifudin Digadang-gadang Gantikan Ryamizard

RM.id  Rakyat Merdeka - Senator Sulawesi Selatan, Abdul Aziz Kahar mendukung Letnan Jenderal TNI (Purn) Syarifudin Tippe menggantikan Ryamizard Ryacudu sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Jokowi Jilid Dua periode 2019-2024.

Selain putra daerah, dirinya juga melihat bahwa sosok ST merupakan sosok Jenderal yang nasionalis, pancasilais, cinta NKRI, dan komitmen terhadap bangsaannya patut diteladani, terutama oleh generasi muda. 
 
"Selain religius, ST adalah sosok nasionalis sejati, yang punya komitmen tinggi terhadap nilai kebangsaan. Beliau bukan jenderal oportunis,” kata Anggota DPD periode 2019-2024, Sabtu (21/9). 

Baca juga : Bersama Pemerintah dan NKRI, Porkap Yakin Damaikan Papua

Sebagai sesama putra Sulsel, Kahar juga menilai, salah satu keturunan atau cucu Jenderal TNI Andi Muhammad Jusuf Amir atau lebih dikenal dengan nama Jenderal M Jusuf, Menteri Pertahanan dan Keamanan era Pak Harto, ST merupakan sosok yang tepat untuk menduduki kursi menteri pertahanan pada Kabinet Jokowi jilid dua.

"Kita butuh banyak pejabat yang punya komitmen kebangsaan yang tinggi dan nasionalis tulen,” katanya. 

Baca juga : Bakal Diresmikan Jokowi, PLTB Tolo Tahap I Dipastikan Lancar

Tak hanya itu, prestasi lainnya dari ST yakni kemampuannya meredam konflik di Aceh saat masih menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda Aceh."Beliau meredam konflik Aceh, dan juga termasuk salah satu juru runding yang handal di Finlandia, bersama dengan Wapres Jusuf Kalla dan Menkumham, Hamid Awaludin. Saya kira pantas kalau didapuk sebagai MenHan,” kata Kahar. 

Kendati begitu, Kahar menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi untuk memilih para kabinet barunya. "Hak Prerogratif ada ditangan presiden. Kami hanya mengusulkan saja," ujarnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.