Dark/Light Mode

Mau Ngantor Di Bumi Cenderawasih

Wapres Bakal Garuk Yang Gatal Di Papua

Minggu, 27 Agustus 2023 07:35 WIB
Wakil Presiden Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Haul Ke-34 KH Aqiel Siroj di Pondok Pesantren KHAS, Cirebon, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Ist)
Wakil Presiden Wapres Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Haul Ke-34 KH Aqiel Siroj di Pondok Pesantren KHAS, Cirebon, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berencana ngantor di Papua pada 5 September mendatang. Di Bumi Cenderawasih itu, Wapres akan fokus menangani pusat permasalahan di sana.

Eks Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menegaskan, berbagai persoalan di Papua akan diselesaikan. Na­mun, Pemerintah menegaskan tidak akan memberikan opsi merdeka.

“Di Papua, kita akan mengga­ruk yang gatal. Kita akan tanya yang gatal di mana? Jangan sampai yang gatal di mana, yang digaruk di mana, sehingga tidak menyelesaikan persoalan,” ujar Ma’ruf di sela-sela kunjungan­nya ke Pondok Pesantren KHAS dalam agenda Haul Ke-34 KH Aqiel Siroj di Cirebon, Jawa Barat, kemarin.

Baca juga : Okta Kumala Dewi: Tingkatkan Budaya Literasi, Perbanyak Kegiatan Di Perpustakaan

Meski begitu, dia memastikan, tidak akan ada dialog untuk kelompok yang meminta ke­merdekaan bagi Papua.

“Kecuali merdeka. Merdeka tidak ada pilihan. Tapi selain itu, kita bisa dialogkan dan kita cari solusinya untuk Papua, orang Papua dan untuk Papua,” jelasnya.

Tercatat, bukan pertama kalinya Ma’ruf akan datang ke Papua. Sebelumnya, dia tercatat sudah dua kali mengunjungi Papua untuk melakukan dialog-dialog.

Baca juga : Stasiun Halim Bakal Jadi Yang Termegah

Pertama, pada 28 Novem­ber-3 Desember 2022, Ma’ruf mengunjungi empat provinsi, yakni Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Barat.

Kedua, pada 11-17 Juli 2023, Ma’ruf mengunjungi tiga provinsi, yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Barat.

“Kali ini saya lebih berfokus untuk mendengar. Mendengar dari berbagai pihak,” ungkap Ma’ruf.

Baca juga : Cuaca besok Di Jakarta Dominan Cerah Berawan, Waspada Panas Di Jakbar

Dia berencana mendengarkan aspirasi dari kalangan pemimpin agama, pemimpin adat, Pemerintah Daerah, kalangan perem­puan, hingga kalangan pemuda.

“Pokoknya, local champion ini akan kita dengar supaya akan menyelesaikan persoalan di sana,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.