Dark/Light Mode

Kemendag Fokus Genjor Ekspor Ke Kawasan ASEAN

Rabu, 30 Agustus 2023 20:53 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau Gudang Ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8). (Foto: Ist)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat meninjau Gudang Ekspor Shopee terbaru yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (30/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan, Pemerintah Indonesia fokus untuk meningkatkan ekspor ke kawasan ASEAN.

"ASEAN ini pasarnya besar 600 juta penduduk, kita lihat yang jauh Uni Eropa (UE) cerewet sekarang, nah coba kita fokuskan ASEAN dulu. Malaysia tadi meningkat, kemudian Thailand, Filipina," kata Zulkifli saat meresmikan Gudang Ekspor Shopee di Cengkareng, Jakarta, Rabu (30/8).

Baca juga : Mendag Zulhas Resmikan Gudang Ekspor Shopee Cengkareng

Zulkifli menjelaskan, ASEAN memiliki Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau perjanjian perdagangan bebas yang melibatkan 10 negara anggota ASEAN. Ke depannya, RCEP akan menjadi perdagangan yang bebas tarif kepabeanan serta dapat bertransaksi secara digital.

“Nanti arahnya perdagangan kita seperti UE ya, sudah bebas tarif. Nanti kepabeanannya udah pakai elektronik, kemudian juga nanti semua data udah bisa pakai digital," tambah Ketua Umum PAN itu.

Baca juga : Mendagri Apresiasi Pameran ITE Di JIExpo Kemayoran

Menurut dia, perjanjian dagang antar-negara ASEAN merupakan jalur cepat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara kawasan. "Memang kebijakan-kebijakan kita sekarang sudah ada toll way-nya atau jalan tolnya ASEAN,” ujar Zulkifli.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.