Dark/Light Mode

Mentan Launching Jagung Jago Hasil Kolaborasi Unhas-Kementan

Minggu, 10 September 2023 11:52 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) meninjau sekaligus melaunching program varietas Jagung Jago hasil kolaborasi antara Kementerian Pertanian dan Universitas Hasanuddin (Unhas). 

Kegiatan ini merupakan rangkaian kerja pemerintah dalam memenuhi kebutuhan jagung nasional.

Menurut SYL, benih jagung Jago ini diperkirakan mampu berproduksi hingga kurang lebih 7 ton per hektare. Angka panen tersebut bisa bertambah menjadi 9 ton per hektare apabila peralatan dan intervensi teknologi digunakan secara baik.

Baca juga : Mentan Ajak Pelaku Perkebunan Kalsel Dukung Hilirisasi Kelapa Sawit

"Fokus kita selain beras adalah jagung. Dan kita tahu, jagung ini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti dijadikan makanan ternak, makanan manusia, pupuk, minyak, gula, tepung dan lain sebagainya. Jadi saya minta ini dikembangkan terus," ujar SYL di area perkebunan jagung Unhas, Sabtu (9/9).

Secara fisik, kata SYL, varietas jagung jago Unhas ini memiliki butiran yang padat dan bentuk yang gemuk. Kondisi ini diperkaya dengan batang pohon yang sehat dan tumbuh dengan baik.

Karena itu, SYL yakin jagung Unhas mampu menjadi unggulan baru bagi ketersediaan nasional.

Baca juga : Teten: Agar Masuk Rantai Pasok Global, UMKM Harus Kolaborasi Dengan Usaha Besar

"Buahnya padat dan gemuk. Ketebalannya juga oke dan saya yakin bila ditanam di tempat yang bagus produktivitasnya bisa mencapai 9 ton," katanya.

SYL menambahkan, jagung Jago Unhas ini bisa ditanam dimana saja baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Jagung ini bahkan bisa menjadi opsi kebutuhan jagung masa depan terutama dalam memenuhi ketersediaan dalam negeri.

"Jagung ini sangat bisa ditanam di mana saja. Dan hari ini Unhas tentu dengan backup kita melaunching varietas jagung unggul. Varietas jagung ini diyakinkan punya produksi atau produktivitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan kualitas lain," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.