Dark/Light Mode

Jakarta-Bandung Hanya Setengah Jam

Jokowi Naik Kereta Secepat Formula 1

Kamis, 14 September 2023 08:00 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir tertawa lepas penuh kegembiraan saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang ditumpanginya dalam uji coba, Rabu (13/9), melesat di kecepatan 350 km/jam.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir tertawa lepas penuh kegembiraan saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang ditumpanginya dalam uji coba, Rabu (13/9), melesat di kecepatan 350 km/jam.

 Sebelumnya 
Beberapa kali, menengok ke papan speedometer untuk melihat kecepatan kereta. Saat kereta mencapai kecepatan maksimum, Jokowi dan Erick langsung bersorak. Para penumpang dan awak media yang naik, ikut bersorak.

Meski sedang dalam kecepatan tinggi, di dalam kereta terasa senyap dan nyaman. Tak ada goncangan atau getaran yang berarti. Jokowi pun tampak sumringah.

Dengan kecepatan setara mobil balap Formula 1 ini, jarak Jakarta-Bandung hanya ditempuh 28 menit. Kereta tiba di Stasiun Padalarang, pukul 9.27 pagi.

Baca juga : Jakarta Bukan Ibu Kota Negara Mulai Dibahas Jokowi di Istana

Di atas kereta, Jokowi sempat menerima permintaan sejumlah pesohor yang ingin berfoto bareng dan memberikan keterangan pers.

Kepada wartawan, Jokowi mengaku senang dengan uji coba kereta cepat tersebut. Kereta terasa nyaman digunakan bahkan saat mencapai kecepatan maksimal 350 km per jam. “Tadi tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun saat berjalan. Sehingga inilah peradaban, kecepatan,” kata Jokowi.

Kepala Negara berharap kehadiran moda transportasi kereta cepat tersebut dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berpindah dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi umum. Hal tersebut penting dalam rangka mengurangi kemacetan hingga polusi udara di Jakarta, Bandung, dan sekitarnya.

Baca juga : Sering Juara, Bocah 10 Tahun Ini Incar Balapan Formula 1

“Karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu, sudah lebih dari Rp 100 triliun,” ungkapnya.

Jokowi juga menargetkan kereta cepat pertama di Indonesia tersebut dapat segera diresmikan dan dinikmati oleh masyarakat luas. Soal tarif, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen.

“Tentu saja konsultasi dengan Kementerian Perhubungan,” ucap Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.