Dark/Light Mode

Dikawal Luhut Dan Prabowo

Indonesia-UEA Sepakat Bentuk Satgas Investasi

Jumat, 22 September 2023 07:30 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Antara)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) sepakat membentuk satuan tugas alias satgas (task force) untuk delapan agenda investasi.

Pembentukan satgas ini dilakukan dalam acara Uni Emirat Arab (UAE)-Indonesia Economic Business Forum 2023 yang digelar di Hotel Raffles, Jakarta, kemarin.

Dalam acara tersebut, para pengusaha dari UEA dijamu langsung Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pan­djaitan dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Baca juga : Ini Kerja Nyata Demi Sepakbola Bersih, Erick Bentuk Satgas Anti Mafia Bola

Hadir pula Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdulla Salem Al Dhaheri serta Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazrouei.

Luhut menjelaskan, satgas akan memantau delapan agenda investasi. Yakni, investasi pem­bangunan kilang, percepatan pengembangan energi terbaru­kan, investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara serta investasi sektor bandara dan pelabuhan.

Kemudian, pemeliharaan me­sin pesawat militer, ketahanan pangan dan energi, proyek hiliri­sasi dan perubahan iklim, serta pertahanan dan satelit nasional.

Baca juga : Lewat Anak Usaha, PLN Indonesia Power Hadirkan Jasa Konversi Motor BBM Ke Listrik

“Kami bentuk task force-nya untuk mulai kerja minggu ini se­lama 10 hari. Sesudah itu mela­porkan ke kami, dan nanti kami akan bicarakan pada high level, dan dilaporkan ke Presiden,” tutur Luhut, kemarin.

Selain pembentukan task force, beberapa kerja sama juga diteken di acara tersebut. Misal­nya, pengembangan bioetanol di Indonesia dan pembangkit listrik energi terbarukan.

Salah satunya, PLTS terapung Cirata yang menjadi terbesar di Asia Tenggara hingga kendaraan listrik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.