Dark/Light Mode

Biar Jadi Negara Maju

Menko Airlangga: Butuh 9 Juta Talent Digital Lagi

Minggu, 24 September 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Visi Indonesia untuk menjadi negara maju makin terbuka dengan pertumbuhan ekonomi yang terus menguat. Salah satu upaya menjaga pondasinya adalah memaksimalkan potensi ekonomi digital.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Su­matera Utara, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga : Wujudkan Visi Indonesia Emas, Airlangga: Indonesia Butuh 9 Juta Talent Digital

Airlangga mengatakan, untuk memperkuat ekonomi digital, faktor paling dasar yang harus dipenuhi adalah kualitas sumber daya manusia (SDM), yang perlu ditingkatkan mengikuti zaman.

“Saat ini Pemerintah telah menerapkan sejumlah strategi untuk pengembangan ekonomi digital,” ujar Airlangga dalam sambutannya.

Baca juga : Biaya Makan Rp 10 Juta, Turis Jepang Lapor Polisi

Airlangga memotivasi Insti­tut Teknologi Del untuk ikut menjadi bagian dalam upaya Pemerintah memaksimalkan po­tensi digital. Sekarang, strategi Pemerintah menjaga ekonomi digital adalah melalui ASEAN Digital Economy Framework Agreement, penyiapan SDM melalui penciptaan talenta digi­tal dan peningkatan aksesibilitas melalui pemerataan infrastruktur digital.

Pemerintah juga melakukan pengembangan bisnis ekonomi digital untuk mendorong techno­preneurship dan digitalpreneur­ship. Dengan begitu diharapkan negara mampu meningkatkan keamanan dan privasi, serta menguatkan riset dan inovasi melalui kerja sama dengan uni­versitas dan dunia usaha.

Baca juga : RI Jadi Tujuan Investasi Properti Terbaik Dunia

“Saya berharap Institut Teknologi Del dapat menjadi pelo­por dalam riset dan teknologi serta menciptakan lulusan-lulu­san yang mampu menjadi tech­nopreneur,” harap Airlangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.