Dark/Light Mode

Biar Jadi Negara Maju

Menko Airlangga: Butuh 9 Juta Talent Digital Lagi

Minggu, 24 September 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)
Menteri Koordinator Bi­dang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Wisuda dan Dies Natalis Institut Teknologi Del yang ke-22 di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Sabtu (23/9/2023). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ketua Umum Partai Golkar ini juga berpesan kepada lulusan kampus tersebut agar menjadi bagian dari talent-talent digital.

Sehingga, bisa berkontribusi dalam program percepatan im­plementasi Making Indonesia 4.0 dan pengembangan ekonomi digital di Indonesia. “Saya pun mendukung di IT Del secara khusus dikembangkan pusat cyber security,” tegasnya.

Baca juga : Wujudkan Visi Indonesia Emas, Airlangga: Indonesia Butuh 9 Juta Talent Digital

Ia memandang, perkembangan digitalisasi ini menjadi momen­tum penting yang harus diman­faatkan generasi muda. Saat ini, Indonesia butuh banyak sekali ahli dalam bidang teknologi digital.

“Karena ini kan IT Del, jadi kaitan dengan digitalisasi, Indo­nesia butuh 9 juta talent digital. Berarti setiap tahun dalam 15 tahun ini butuh tidak kurang dari 500 ribu. Jadi lulusan Del ada 400, nah ini harus diperbanyak Del Del lagi di daerah lain,” bebernya.

Baca juga : Biaya Makan Rp 10 Juta, Turis Jepang Lapor Polisi

Indonesia harus memenuhi kebutuhan SDM berkualitas itu dari dalam negeri. Jangan sam­pai kemampuan dan kebutuhan digital itu diisi dari Bangalore atau Filipina. “Jadi ini kita harus mengembangkan ekonomi, tapi juga untuk SDM dari Indonesia,” ucapnya.

Dia menuturkan, fundamen­tal ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi sangat baik.

Baca juga : RI Jadi Tujuan Investasi Properti Terbaik Dunia

Pertumbuhan ekonomi, rela­tif kuat dibandingkan dengan banyak negara lainnya di dunia.

Pertumbuhan ekonomi Indo­nesia juga mampu terjaga di atas 5 persen selama tujuh kuartal berturut-turut. Pada kuartal kedua tahun 2023 mencapai angka 5,17 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.