Dark/Light Mode

Di KTT Forum Negara-negara Pulau Dan Kepulauan

Polri Dan TNI Sinergis

Selasa, 10 Oktober 2023 07:20 WIB
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kir)i meninjau kesiapan pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/M Agung Rajasa/rwa)
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kir)i meninjau kesiapan pelaksanaan KTT AIS Forum 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Senin (9/10/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT AIS Forum 2023/M Agung Rajasa/rwa)

 Sebelumnya 
Ambariyadi menjelaskan, pihaknya telah menaruh CCTV di 1.357 titik. Namun, ada area yang belum ter-cover CCTV, se­hingga perlu ada fasilitas tamba­han berupa camera body warm.

“Jika terjadi hal yang di­duga mencurigakan, maka akan muncul alarm dari monitoring,” terangnya.

Kasatgas Tindak Operasi Tri­brata Agung 2023 Brigjen Waris Agono menjelaskan, Satgas Tindak bertugas mengantisipasi, menangani dan menindak apabila terjadi peristiwa yang bersifat kontinjensi selama perge­laran KTT AIS Forum 2023.

“Seperti konflik sosial, terorisme, atau kejahatan yang menggunakan senjata api, bahan peledak, bom dan drone yang tidak terdaftar dalam forum antidrone yang sudah disepakati,” tutur dia.

Baca juga : APKHBI Fokus Penegakan Hukum Dan Pembangunan Ekonomi

Personel juga dibekali dengan aplikasi yang berguna melapor­kan situasi di lapangan.

Nantinya, jika personel terse­but membutuhkan bantuan tinggal melaporkan ke command center, lalu dari command center akan menggerakkan personel lain yang terdekat untuk mem­bantu.

Beberapa titik yang menjadi perhatian pengamanan yakni bandara, jalur perjalanan para delegasi hingga venue KTT AIS Forum 2023 berlangsung. “Ke­mudian ada juga tempat wisata manakala di sela-sela waktu ada delegasi yang melakukan kunjungan ke tempat wisata dan tempat belanja itu kita sterilisasi dan dilakukan pengamanan,” ucapnya.

Selain Satgas Tindak, Operasi Tribrata Agung 2023 juga mengerahkan sejumlah satgas, yakni Satgas Preemtif, Satgas Pre­ventif, Satgas Walrolakir, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Humas, dan Satgas Banops.

Baca juga : Baik dan Buruk Pelarangan Jualan di TikTok

Dalam operasi ini, Polri mengerahkan 842 personel Bri­mob yang disebar di lima klaster, ditempatkan di titik yang sudah ditentukan.

Personel di lapangan dileng­kapi peralatan yang canggih setiap objek. Selain camera body warm ada juga kendaraan trail, hingga kendaraan rantis.

“Kami juga siapkan tabel cara bertindak sehingga anggota mengerti,” ucap Waris.

Dia menegaskan, TNI dan Polri bersinergi sejak jauh hari sebelum penyelenggaraan acara.

Baca juga : Jangan Pandang RI Negara Miskin Lagi!

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Andyawan Martono Putra mengatakan, pihaknya bersama Polri sudah menyiapkan berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk pengamanan VVIP.

Alutsista yang dikerahkan yaitu kendaraan Jammer, Mobil Chamber, kendaraan Ops Ba­sarnas, Smart Hunter Satgasud, J-Force Passus, dan Jihandak Paspampres.

“Kami siapkan baracuda Polri, kendaraan Satwa Paspampres, kendaraan taktis Anoa Pas­pampres, kendaraan Air Patrol, Dump Truck, Becho Louder, lalu Inkas Passus, Nubika Paspampres dan banyak lagi,” se­butnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 10/10/2023 dengan judul Di KTT Forum Negara-negara Pulau Dan Kepulauan, Polri Dan TNI Sinergis

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.