Dark/Light Mode

Pindah Kewarganegaraan

Duh, Ribuan WNI Pilih Jadi Orang Singapura

Senin, 10 Juli 2023 08:00 WIB
Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim. (Foto: Antara)
Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar mengejutkan dari Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Singapura. Ternyata, setiap tahun, ada ribuan WNI yang pindah kewarganegaraan dan pilih jadi orang Singapura. Kabar ini langsung viral dan menjadi perbincangan di dunia maya.

Kabar pindahnya ribuan WNI menjadi orang Singapura diungkapkan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim. Kata Silmy, fenomena ini terjadi tiap tahun. Ada ribuan WNI yang memilih menanggalkan kewarganegaraan Indonesia dan pindah jadi orang Singapura.

Baca juga : Pengamat: Kenaikan Harga Acuan Gula 15-16 Ribu/Kg Win Win Solution

Mirisnya, mereka yang memilih jadi orang Singapura didominasi oleh kalangan mahasiswa dan usia produktif. Yakni ada usia antara 25-35 tahun atau lebih dikenal dengan sebutan Gen Z.

“Saya lupa kalau nggak seratus, seribu orang mahasiswa Indonesia di Singapura menjadi warga negara Singapura setiap tahun. Kita bersaing rebut orang-orang hebat, pintar,” katanya dalam Festival Gen Z 2023 by CentennialZ, kemarin.

Baca juga : Kisah Andi Asmara, Dari Jual Pempek Jadi Pengusaha Sukses

Menurutnya, kondisi seperti ini merupakan hal serius yang harus diselesaikan bersama-sama. Sebab, ke depan, Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan Sumber Daya Alam (SDA), tapi juga Sumber Daya Manusia (SDM). Karena SDA lambat laun akan habis.

Dikutip detikcom, WNI yang pindah menjadi warga Singapura rata-rata 1.000 orang per tahunnya. Pada 2019, tercatat ada 940 orang. Sedangkan di tahun 2020 ada 811 orang. Naik menjadi 1.070 orang pada 2021. Di tahun berikutnya mencapai 1.091 orang.

Baca juga : Dapat Pendanaan, RDMP Balikpapan Jadi Kilang Modern Ramah Lingkungan

Sementara per April 2023, sudah ada 329 orang yang pindah kewarganegaraan. Jumlah itu lebih banyak dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya 286 orang.

“Ini suatu realita bahwa banyak warga negara Indonesia yang tertarik pindah menjadi WNA, negara tertentu. Ini baru data WNI yang jadi warga negara Singapura,” ungkap Silmy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.