Dark/Light Mode

BNPT Perkenalkan Program Deradikalisasi Kepada CUTA Belgia

Rabu, 18 Oktober 2023 18:02 WIB
Foto: BNPT
Foto: BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memperkenalkan program deradikalisasi pada CUTA Belgia.

Dalam kesempatan tersebut, BNPT menjelaskan tiga tema besar program kebijakan deradikalisasi yaitu program rehabilitasi ideologi, pelatihan kompetensi, dan reedukasi sosial.

"Substansi daripada program deradikalisasi ada tiga tema besar. Pertama adalah kita lakukan rehabilitasi ideologi dengan pendekatan psikologi atau pendekatan kemanusiaan, kemudian pelatihan kompetensi agar mereka bisa mensejahterakan dirinya setelah keluar, lalu reedukasi sosial," kata Direktur Deradikalisasi BNPT Brigjen Ahmad Nurwakhid, dalam kegiatan Kunjungan Kerja CUTA Belgia ke kantor BNPT RI di Sentul, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (18/10/2023).

Baca juga : Mahfud Diharapkan Bisa Berikan Kepastian Hukum Bagi Pelaku Usaha

Dirinya pun mengapresiasi CUTA yang melakukan kunjungan kerja ke BNPT. Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi landasan upaya kolaborasi lintas negara dalam upaya penanggulangan terorisme.

"Kita semua meyakini bahwa terorisme ini crime against humanity dan kerja sama seperti kunjungan-kunjungan ini bagi kami merupakan sesuatu yang bagus untuk kita melakukan kolaborasi dalam melakukan penanggulangan terorisme," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Analisis Strategi CUTA Belgia sekaligus pimpinan delegasi, Bart Thys menyampaikan apresiasi kepada BNPT yang telah berbagi ilmu dan pengalaman tentang program deradikalisasi.

Baca juga : BNI dan UKI Teken Kerja Sama Program Ekosistem Keuangan Perguruan Tinggi

"Terima kasih karena sudah menerima kunjungan kami, saya pikir program deradikalisasi adalah sesuatu yang bisa kita pelajari di negara kita (Belgia) yang mungkin memiliki masalah yang sama," tuturnya.

Selain bertujuan untuk mempelajari program deradikalisasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belgia.

Menutup kunjungan, para delegasi berkesempatan mengunjungi kawasan Balai Latihan Kerja (BLK).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.