Dark/Light Mode

500 Ribu Rice Cooker Gratis Mau Dibagikan

Arifin Tasrif: Bukan Kepentingan Politik

Sabtu, 21 Oktober 2023 07:30 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal membagikan rice cooker gratis sebanyak 500 ribu unit pada November mendatang. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan, program itu tak terkait politik.

Program Pemerintah terse­but tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Ta­hun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) ke Rumah Tangga.

Baca juga : 500 Ribu Rice Cooker Gratis Siap Dibagikan

Arifin menegaskan, program tersebut benar-benar bertujuan untuk transisi energi yang lebih bersih, mengingat Indonesia mempunyai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Selain itu, pembagian rice cooker juga dapat mengurangi subsidi impor Liquefied Petro­leum Gas (LPG) 3 kilogram yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk memasak.

Baca juga : Siap Penuhi Panggilan KPK, SYL: Semoga Tak Dilatarbelakangi Kepentingan Politik

“Ini bukan kepentingan politik. Ini bagus programnya, kita mau elektrifikasi. Memang mau masyarakat bakar pakai LPG terus? Tidak boleh itu, masa kita mau impor terus,” tegas Arifin, di Kantor Kemen­terian ESDM, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Eks Dubes Indonesia untuk Jepang ini mengatakan, program tersebut sampai saat ini terus berjalan dan terus didiskusikan lebih dalam lagi.

Baca juga : Pembangunan Proyek Strategis Nasional Libatkan Seluruh Pemangku Kepentingan

Salah satunya soal anggaran yang masih harus dievaluasi. Karena, berdasarkan hitung-hitungan, Pemerintah harus menyiapkan anggaran Rp 347,5 miliar untuk bagi-bagi rice cooker gratis.

Sekretaris Jenderal Kemen­terian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, setidaknya ada beberapa langkah yang dikebut agar pembagian rice cooker gra­tis ke masyarakat dapat segera direalisasikan. Pertama, kesia­pan dari sisi suplai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.