Dark/Light Mode

Pemerintah Mau Kurangi Penggunaan LPG

500 Ribu Rice Cooker Gratis Siap Dibagikan

Senin, 16 Oktober 2023 07:10 WIB
Sekretaris Jenderal Kemen­terian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kus­diana. (Foto: Dok. Antara)
Sekretaris Jenderal Kemen­terian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kus­diana. (Foto: Dok. Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah memastikan pembagian penanak nasi atau rice cooker gratis bagi 500 ribu rumah tangga mulai dilakukan pada awal November 2023. Program ini diyakini bakal mendorong konsumsi listrik dan menekan impor LPG (Liquified Petroleum Gas).

Sekretaris Jenderal Kemen­terian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kus­diana menargetkan, pembagian rice cooker dapat dimulai pada awal November 2023.

Baca juga : Firli Teken Surat Penangkapan SYL, KPK: Itu Urusan Teknis, Tak Usah Dipersoalkan

Dadan memastikan, program ini mulai berjalan. Pemerintah sudah menerbitkan regulasi hingga menyediakan anggaran untuk mendukung terlaksananya program ini.

“Sekarang lagi proses pengadaan, kita pakai e-katalog. Kita sudah komunikasi dengan Kementerian Perindustrian dan sudah menyanggupi untuk memenuhi kebutuhan sampai akhir tahun,” kata Dadan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kemarau, Sahabat Ganjar Bagikan Ribuan Liter Air Gratis Di Kabupaten Cianjur

Dadan menambahkan, Pe­merintah juga terus menjalin komunikasi dengan perusahaan-perusahaan logistik untuk me­mastikan pengiriman rice cooker berjalan lancar.

Pemerintah juga telah mengantongi daftar rumah tangga penerima manfaat program ini.

Baca juga : Moeldoko: Pemerintah Jamin Perlindungan Terhadap Minoritas

Dadan menegaskan, perusa­haan produsen rice cooker pun kini dapat mulai mengajukan penawaran melalui e-katalog untuk ikut serta dalam pro­gram ini.

“Kita pakai e-katalog, nanti mereka akan ajukan penawaran ke kita. Ada banyak merek rice cooker, seperti Maspion dan lainnya,” jelas Dadan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.