Dark/Light Mode

500 Ribu Rice Cooker Gratis Mau Dibagikan

Arifin Tasrif: Bukan Kepentingan Politik

Sabtu, 21 Oktober 2023 07:30 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Harus siap dan ini sudah koordinasi cukup lama komuni­kasi juga dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin),” kata Dadan.

Kedua, dari sisi penerimanya. Dalam hal ini Kementerian ESDM masih terus memastikan siapa saja yang berhak menerima rice cooker gratis.

“Misalkan, 500 ribu kan ini juga kerjaan nggak gampang. Kami komunikasi dengan dae­rah,” tuturnya.

Baca juga : 500 Ribu Rice Cooker Gratis Siap Dibagikan

Ketiga, dari pendistribusiannya. Menurut Dadan, perlu dipastikan kembali proses penyaluran rice cooker gratis ini ke masyarakat. Mengingat, jumlahnya rice cooker yang akan dibagikan tidak sedikit.

Sementara, Direktur Ekse­kutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai, program ban­tuan tersebut sebenarnya tidak menyelesaikan permasalahan transisi energi di Indonesia.

“Spesifikasi program rice cooker ini saya kira kental sua­sana politiknya. Jadi, pembagian rice cooker gratis ini hanya ke­bijakan populis jelang Pemilu,” duganya.

Baca juga : Siap Penuhi Panggilan KPK, SYL: Semoga Tak Dilatarbelakangi Kepentingan Politik

Bhima menyarankan, jika tujuan Pemerintah bagi-bagi rice cooker gratis untuk mengu­rangi subsidi impor LPG 3 kg, seharusnya anggaran yang ada bisa digunakan untuk hal lain­nya. Seperti, untuk membangun transmisi atau keperluan pen­dataan subsidi.

Program ini juga tidak akan memecahkan masalah kelebihan pasokan (oversupply) listrik di Pulau Jawa.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 21/10/2023 dengan judul 500 Ribu Rice Cooker Gratis Mau Dibagikan, Arifin Tasrif: Bukan Kepentingan Politik

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.