Dark/Light Mode

Di Forum AALCO, Indonesia Dorong Reformasi WTO

Sabtu, 21 Oktober 2023 21:46 WIB
Delegasi Indonesia dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan alasan kenapa Indonesia mendorong terciptanya reformasi WTO. (Foto: Istimewa)
Delegasi Indonesia dari Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan alasan kenapa Indonesia mendorong terciptanya reformasi WTO. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Salah satu hal yang dibahas dalam Working Group III adalah terkait pembentukan advisory centre on international investment law," ungkapnya.

Advisory center ini, ucap dia, nantinya akan memberikan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas mengenai hukum investasi internasional dan penyelesaian sengketa antara investor dan negara (ISDS).

Baca juga : Studio Game Indonesia Ramaikan Gamescom Asia 2023

Selain itu, advisory centre ini diharapkan juga dapat memberikan dukungan dan nasihat hukum sehubungan dengan proses ISDS, termasuk layanan pendampingan hukum.

“Indonesia percaya bahwa hal ini dapat menjadi langkah penting menuju pencapaian hasil yang adil dalam sengketa investasi internasional,” tegas dia.

Baca juga : Ini 6 Jurus ALFI Jadikan Indonesia Pusat Perdagangan di ASEAN

Delegasi Indonesia juga menekankan pentingnya negara-negara berkembang untuk mengkaji lebih dalam terkait pembentukan permanent body, atau multilateral investment court system.

Khususnya mengenai insentif kemudahan gugatan oleh investor dan dampaknya terhadap negara.

Baca juga : 8 MoU Berhasil Di Teken Dalam Forum Bisnis Indonesia - Eropa 

“Indonesia akan terus mendorong solusi yang dapat menyeimbangkan antara hak dan kewajiban negara dan investor dalam upaya ISDS Reform,” tutup delegasi Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.