Dark/Light Mode

Perubahan Iklim Juga Makin Nyata

Jokowi: Dunia Makin Nggak Jelas, Ukraina Belum Beres, Muncul Lagi Hamas-Israel

Selasa, 24 Oktober 2023 12:43 WIB
Presiden Jokowi saat membuka BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi saat membuka BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia sekarang ini makin tidak jelas. Begitu kata Presiden Jokowi dalam peresmian pembukaan Investor’s Daily Summit. Tantangan yang dihadapi pun, tidak semakin berkurang. Perubahan iklim,yang dulunya kita anggap sesuatu yang masih absurd, kini nyata.

“Kekeringan, dampak super el nino betul-betul kita rasakan. Produksi beras turun hampir di semua negara. 22 negara mengerem, stop ekspor beras. Inilah kondisi-kondisi yang dulunya tidak pernah kita hitung, kini muncul,” kata Jokowi saat membuka BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca juga : Kubu Imin Ngancem Prabowo: Lu Nggak Jelas, Gue Lepas

Pelemahan ekonomi global, juga bikin pusing. Kebijakan kenaikan suku bunga tinggi dalam waktu lama oleh Amerika Serikat, kian membikin rumit negara-negara berkembang.

Capital outflow yang balik ke Amerika, juga bikin rumit. Begitu juga perang. Ukraina belum jelas, muncul lagi Hamas-Israel. Ini mengkhawatirkan semua negara karena bisa melebar ke Lebanon, Suriah, atau Irak.

Baca juga : Luis Duran Nggak Puas Persita Belum Ternoda Pada 10 Laga

“Ini akan membikin rumit semua negara. Karena harga minyak pasti akan naik. Kemarin saya cek, harga minyak mentah Brent masih 89 dolar AS per barel. Tapi, kalau meluas seperti yang tadi saya sampaikan, kita nggak ngerti. Bisa mencapai 150 dolar AS. Inilah yang harus kita waspadai, Hati-hati semuanya, baik dari sisi moneter atau fiskal," tandas Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.