Dark/Light Mode

Kembangkan Inovasi Di 3 DPSP, Kemenko PMK Gandeng FES Dan UNPAR

Kamis, 26 Oktober 2023 12:22 WIB
Foto: Kemenko PMK
Foto: Kemenko PMK

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas daerah-daerah pariwisata super prioritas.

Dorongan itu dilaksanakan lewat program prioritas pembangunan, yakni peningkatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas dalam konteks revolusi mental dan pembangunan kebudayaan.

Deputi Koordinator Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi berharap, akan ada rekomendasi strategis untuk kemajuan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) menuju wisata berkelanjutan.

"Untuk itu saya sangat berharap ada rekomendasi strategis dari kajian yang sudah dilaksanakan oleh Kemenko PMK bekerja sama dengan Friedrich Ebert Stiftung dan FISIP Universitas Parahyangan ini," ujar Didik, seperti keterangan yang diterima RM.id, di Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Kajian ini melingkupi tiga DPSP, yakni Danau Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Didik menyebut, Kemenko PMK sudah menggelar rapat koordinasi yang bertajuk Diseminasi Hasil Kajian Pengembangan Inovasi dan Kreatifitas Sektor Pariwisata dan Kebudayaan di DPSP Toba, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Baca juga : Jaring 30 Startup Inovatif dan Kreatif, Kemenkop UKM Dukung Digitalisasi UMKM

Ia mengingatkan pentingnya peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk destinasi wisata tersebut.

"Karena kalau ingin maju dan menang adalah berinovasi dan punya daya kreativitas. Maka sumber daya manusianya juga perlu diperhatikan," ingatnya.

Dia pun mengapresiasi kajian ini agar daerah wisata super prioritas dapat meningkatkan sumber dayanya, termasuk SDM-nya.

"Paling tidak berdampak secara ekonomi pada masyarakat sekitar,” tambah Didik.

Didik berharap rekomendasi dari kajian ini dapat didetailkan, sehingga ada kegiatan lanjutan yang meningkatkan literasi, inovasi, dan kreativitas tiga daerah tersebut.

Senada, Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Kemenko PMK Molly Prabawaty menegaskan, rapat koordinasi diharapkan memberikan solusi untuk peningkatan inovasi dan kreativitas di tiga DPSP tersebut.

Baca juga : Kembangkan Klaster Komoditas, Kementan Gandeng Baznas Genjot Petani Milenial

Dia menyebut, pertumbuhan dan pembangunan infrastruktur, serta dukungan Pemerintah Pusat dan daerah di tiga DPSP tersebut sudah bagus.

"Memang untuk SDM memang harus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan pada masyarakat lokal menindaklanjuti rekomendasi kajian ini," tuturnya.

Hal ini, kata dia, bisa dikerjakan kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya.

"Misal, penggunaan dana desa untuk membangun pariwisata di daerahnya,” ujar Molly.

Pada kesempatan itu hadir Brigitt Brigitte Juchems, Resident Director FES Indonesia dan juga peneliti dari FISIP Unpar yakni Pius Sugeng Prasetyo, Theresia Gunawan, Jeremia Gom Gom Parullian Simanjuntak, dan Yosefa.

Pius Sugeng Prasetyo dalam rekomendasinya menegaskan agar komunitas lokal maupun adat dirangkul dalam pengembangan dan promosi wisata di daerahnya.

Baca juga : KPK Ungkap 3 Klaster Korupsi Di Kementan: Pemerasan, Gratifikasi, Dan TPPU

Sebab, mereka yang memiliki pengetahuan mendalam tentang budaya dan potensi wisata daerahnya.

Tak hanya itu, Pius juga berharap dorongan pemanfaatan teknologi seperti kecerdasan buatan dan big data untuk meningkatkan pengalaman wisatawan, manajemen destinasi, dan pemasaran pariwisata.

Lalu, Pius menekankan perlunya inkubator pariwisata atau pusat inovasi pariwisata yang dapat memberikan dukungan teknis dan sumber daya bagi pengusaha yang mengembangkan ide-ide inovatif dalam sektor ini.

"Perlu juga Pemerintah Daerah atau pusat memberikan penghargaan atau insentif kepada inovator di sektor pariwisata untuk mendorong ide-ide kreatif,” saran Pius.

Dia menegaskan, peningkatan kapasitas SDM melalui program capacity building terkait inovasi dan kreativitas adalah rekomendasi yang paling mengemuka.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.