Dark/Light Mode

Jadi Pembicara Defence Dialogue Di India

Waka BRIN Sampaikan Peran Indonesia Jaga Stabilitas Keamanan Indo-Pasifik

Sabtu, 4 November 2023 12:10 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Amarulla Octavian menjadi pembicara Defence Dialogue "Chanakya" yang diselenggarakan oleh Centre for Land Warfare Studies pada tanggal 3 dan 4 November 2023, di New Delhi, India.

Acara ini dibuka Wakil Presiden India Shri Jagdeep Dhankar, yang juga memberikan sambutan.

Hadir pula Kasad India, Kasal India, Wakasau India, dan para pejabat tinggi Angkatan Darat India.

Baca juga : Perbanyak Dealer Ford Di Jakarta, RMA Indonesia Gaet Trijaya Auto Mandiri

Serta, para diplomat Kementerian Luar Negeri India, dan para profesor dari beberapa Universitas. Hadir pula perwakilan militer dan diplomat dari 18 negara.

Prof Amarulla berbicara pada sesi kedua hari pertama dengan memaparkan materi berjudul The Role of Indonesia on Indo Pacific Dynamics.

Lewat materi itu, Prof Amarulla memaparkan peran penting Indonesia selama ini dalam menjaga stabilitas keamanan kawasan Indo-Pasifik. Materi yang disampaikan ini mendapat apresiasi tinggi.

Baca juga : Kementan Ajak Perempuan Indonesia Maju Jaga Ketahanan Pangan

Selain itu, Prof Amarulla menyampaikan pentingnya seluruh negara untuk menangkal dan mengatasi ancaman tradisional, nontradisional, dan hybrid dalam kerangka Comprehensive Security.

Kemudian, Prof Amarulla juga menyampaikan beberapa gagasan ilmiah untuk meningkatkan kerja sama multilateral untuk perdamaian dan pelestarian lingkungan maritim.

"Kami juga mengundang para pakar dan akademisi untuk melakukan riset bersama dalam menyusun berbagai konsep tata dunia baru yang lebih baik di masa mendatang," ajaknya, seperti keterangan dalam siaran pers yang diterima pada Sabtu (4/11/2023).

Baca juga : Cuaca Besok Di Jakarta Hujan Petir Dan Angin Kencang, BMKG Rilis Peringatan Dini

Beberapa pembicara lain dari pejabat tinggi militer dan diplomat pada 6 sesi dialog datang dari negara-negara Asia Selatan, seperti dari Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, serta dari Amerika Serikat, dan Australia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.