Dark/Light Mode

BNPP Targetkan PLBN Entikong Sebagai Proyek Percontohan Smart Border Post

Senin, 6 November 2023 15:35 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) terus merumuskan sejumlah langkah mengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dengan konsep Smart Border Post.

Saat ini BNPP telah mengoordinasi operasional 13 PLBN yang tersebar di perbatasan negara.

Deputi Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP Robert Simbolon menjelaskan, misi BNPP selanjutnya setelah mengawal pembangunan adalah mengoptimalkan PLBN, agar tidak hanya menjadi tempat perlintasan orang saja.

Peran PLBN tidak hanya gedung mewah tempat pelayanan administrasi perlintasan orang semata.

Namun, harus mampu menjadi pintu perlintasan barang yang dapat menjadi gerbang internasional perdagangan umum, utamanya kegiatan ekspor dan impor.

Keran ekspor hasil olahan komoditas pertanian dan perkebunan melalui PLBN mulai merambah beberapa negara tetangga.

"Tren positif ekspor ini harus terus didorong dengan konsep PLBN sebagai Smart Border Post.Hal ini akan mempercepat pengembangan ekonomi bagi masyarakat sekitar PLBN maupun masyarakat pada daerah penyangga PLBN," tutur Robert, yang kini juga menjabat Pelaksana harian (Plh) Sekretaris BNPP, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (6/11/2023).

Baca juga : MUI Desak PBB Tetapkan Benjamin Netanyahu Sebagai Penjahat Perang

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara, BNPP Budi Setyono menjelaskan bahwa, salah satu pilot project yang akan diterapkan dengan konsep Smart Border Post adalah PLBN Entikong.

Hal ini dijelaskan dalam Rapat Kick Off Meeting Penyusunan Peta Jalan Penerapan Postingan pada PLBN di Hotel HorisonMenteng, Selasa (31/10/2023) lalu.

"Dibutuhkan road map dengan konsep Smart City di kawasan perbatasan, dipilih salah satu PLBN yaitu Entikong sebagai pilot project penerapan konsep Small Smart City dimaksud," jelas Budi.

Ia menjelaskan, konsep Smart Border Post seperti konsep Smart City menitikberatkan penggunaan teknologi digital dan internet dalam penyelenggaraan fungsi pelayanan lintas batas negara dan pengelolaan kawasan PLBN.

Sesuai arahan Perpres Nomor 118 Tahun 2022, lanjut Budi, mendesak untuk segera diterjemahkan arsitektur Smart Border Post desain tata kelola baru PLBN ke depan.

Termasuk, identifikasi jenis dan/atau peralatan pendukung berbasis teknologi di PLBN. Peralatan tersebut terkait pelayanan dan pengawasan kawasan.

"Penerapan sistem yang up to date seperti single windows yang telah diterapkan di pelabuhan-pelabuhan internasional untuk pelayanan ekspor impor bisa diadopsi di PLBN," ungkapnya.

Baca juga : BP2MI Gratiskan Pelatihan Melaut Bagi PMI Sektor Perikanan Di Korea Selatan

Budi juga menjelaskan, pelayanan pelintas kendaraan juga penting diusahakan.

Sebelum kendaraan penumpang/barang masuk PLBN perlu ada sistem clearance lebih awal.

"Jadi manifes penumpang sudah disampaikan ke pengelola PLBN secara online," kata Budi lagi.

Sedangkan pelayanan pelintasan orang, dipertegas Budi Setyono lagi, masih perlu mempertahankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang saat ini sudah diberlakukan.

"Dengan pertimbangan disamping dokumen perjalanan paspor, karakteristik perlintasan di PLBN juga masih terjadi secara tradisional oleh penduduk lokal," pungkasnya.

Sebagai informasi, tren arus perdagangan ekspor pada beberapa PLBN terus merangkak naik.

Di antaranya, nilai perdagangan ekspor melalui PLBN Aruk pada periode Januari-September Tahun 2023 tercatat Rp 10.596.066.430.

Baca juga : BRI Peduli Jadikan Kampung Bali Percontohan Jaga Ekosistem Lingkungan

Komoditas ekspornya antara lain, Salted Jellyfish/Ubur-ubur Asin, sayur-sayuran seperti kacang panjang, buncis, pare, okra, terong, kelapa, petai dan jeruk.

Sementara itu, PLBN Entikong membukukan nilai ekspor kurang lebih Rp 34.704.134.158 pada periode Januari-September Tahun 2023.

Produk ekspornya juga masih didomiasi produk pertanian seperti bawang dan buah-buahan.

Sedangkan PLBN Badau membukukan nilai ekpsor kurang lebih Rp 1.070.660.727 pada periode Januari-September Tahun 2023.

Produk ekspornya adalah buah-buahan, ikan dan berbagai produk pertanian lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.