Dark/Light Mode

PUPR Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh Di Bali Bulan Depan

Selasa, 14 November 2023 19:06 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, uji proyek transaksi tol nirsentuh non-tunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Bali akan dilakukan pada pekan kedua bulan Desember. 

Uji coba MLFF ini akan dilakukan di tol Bali-Mandara. Uji coba ini sempat tertunda, sedianya akan dilakukan pada bulan Juni yang lalu.“Di minggu kedua bulan Desember tahun ini," kata Basuki kepada wartawan di acara HunIndoTech 4.0 Business Forum di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Baca juga : Tito: Kebut Pembangunan Di Papua Tengah Dan Selatan

Ia melanjutkan jika proyek ini berhasil di Bali, proyek kerja sama dengan Hungaria tersebut kemungkinan akan diperluas ke ruas tol lain yang ada di Indonesia.  Basuki mengatakan ada enam ruas tol di Jakarta yang juga akan diuji coba proyek MLFF. Namun ia tidak merinci, di mana saja akan dilakukan. 

 "(Enam ruas) sekitar Jakarta. (Uji coba) di Bali kan terbatas, jadi kalau ada apa-apa enggak terlalu chaos. Nanti kalau sudah berhasil, baru di Jakarta, di perkotaan dulu," kata Basuki.

Baca juga : Sore Ini, Bajul Ijo Tantang Barito Putera

Ia menyebut, proyek transaksi tol nirsentuh non-tunai adalah salah satu Key Performance Indicator (KPI) baginya. Ia juga percaya diri proyek ini akan berhasil. "Saya lebih percaya diri karena ada ITS, intelligent transport systems itu. Jadi saya kira itu yang akan memonitor hal itu," ungkapnya. 

Sebagai informasi, Hungaria belakangan tengah meningkatkan investasinya di Indonesia terutama dalam hal solusi teknologi digital. Investasi Hungaria ini dilakukan melalui proyek MLFF, sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh yang menjadi proyek strategis nasional (PSN).

Baca juga : PUPR Tebar PSU Untuk Hunian MBR Di Bandung

Proyek ini ini dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan Hungaria dan Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.