Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunjungi Jayapura, Menhan Dapat Pesan Perdamaian Untuk Jokowi

Kamis, 10 Oktober 2019 11:46 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat bertemu para tokoh tujuh wilayah adat Papua dan Papua Barat di Mega Futsal, Jayapura, Papua, Kamis (10/10). (Foto: Danu/Rakyat Merdeka)
Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat bertemu para tokoh tujuh wilayah adat Papua dan Papua Barat di Mega Futsal, Jayapura, Papua, Kamis (10/10). (Foto: Danu/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu kembali diangkat jadi anak suku Papua. Kali ini, setelah anak suku adat Babrongko Umarow, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini diangkat jadi anak suku Tabi/wilayah adat Mamta.

"Saya tahu, pengangkatan ini bukan hal sembarangan. Sekarang saya otomatis jadi orang Papua. Amanah ini akan saya jaga sampai kapanpun," kata Menhan Ryamizard dihadapan para tokoh tujuh wilayah adat Papua dan Papua Barat di Mega Futsal, Jayapura, Papua, Kamis (10/10).

Ia lantas mengingatkan, sebagai saudara sesama suku bangsa serta tanah air, ia mengajak semua tokoh untuk terus menjaga perdamaian. Persatuan dan kesatuan bangsa juga harus terus dikawal agar jangan sampai dirusak oleh pihak yang menginginkan Indonesia hancur.

Baca juga : Dua MoU Diteken Dalam Pertemuan Jokowi-PM Lee

"Indonesia ini ada karena sudah menjadi takdir dari Tuhan. Karena itu kita mesti jaga Indonesia. Tuhan akan senang kita semua mau menjaga bangsa ini," ujarnya.

Di kesempatan sama, salah satu tokoh adat dari Manokwari, Papua Barat, bernama Nando mengatakan, ia dan bersama masyarakat adat sekitarnya sangat rindu suasana perdamaian. Karena itu, ia meminta kepada Menhan Ryamizard yang kini telah menjadi masyarakat Papua, untuk bisa memenhui harapannya itu.

"Bagi kami, kedamaian adalah sumber kemajuan. Karena itu kami semua baik tokoh adat maupun agama sangat mendukung Pak Jokwi. Ini semata-mata karena kami ingin maju," ujarnya.

Baca juga : Mentan Lakukan Gerakan Mekanisasi dan Pertanian Organik di Morowali

Ia juga menyampaikan, kembali terpilihnya presiden Jokowi akan membawa perubahan yang sangat besar bagi negeri ini. Khususnya bagi Papua Barat yang hingga kini masih banyak daerah yang terisolasi.

"Saya juga ingin sampaikan ke pak menteri, agar apa yang saya sampaikan ini disampaikan ke pak Presiden Jokowi. Kami sangat berharap di periode kedua Jokowi, desa-desa yang masih terisolasi ini lebih diperhatikan. Dan jujur saja, saya pilih Jokowi karena kami ingin maju, pak" ujarnya.

Sekedar informasi, pengangkatan Menhan sebagai Anak Adat Suku Tabi ditandai dengan pemakaian atribut adat Tabi oleh Kepala Suku se-wilayah Tabi Ondofoto Ramses Ohee, serta ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan tugu monumen Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Anak Adat Tabi. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.