Dark/Light Mode

Di Hari Guru Ke-78, Pj Gubernur Jateng Luncurkan Program Ayo Rukun

Sabtu, 25 November 2023 13:17 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kanan) saat meluncurkan program Ayo Rukun bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 di SMKN 1 Semarang, Sabtu (25/11/2023). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)
Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana (kanan) saat meluncurkan program Ayo Rukun bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 di SMKN 1 Semarang, Sabtu (25/11/2023). (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana resmi meluncurkan program Ayo Rukun untuk mencegah dan menangani kekerasan di satuan pendidikan.

Peluncuran tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 tingkat Jawa Tengah di SMKN 1 Semarang, Sabtu, (25/11/2023).

"Kami me-launching program Ayo Rukun dalam rangka mencegah dan menangani kekerasan dan bullying di sekolah-sekolah," kata Nana Sudjana usai upacara Hari Guru Nasional ke-78.

Melalui program itu, diharapkan tidak ada lagi kekerasan di sekolah, sehingga para siswa dapat belajar dengan aman, nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga : Dorong Bisnis Generasi Muda dan UMKM, LPKR Luncurkan Program PASTI

 

 

Program Ayo Rukun tersebut merupakan implementasi dari Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.

“Ayo Rukun” merupakan akronim dari Aksi Gotong Royong Berantas untuk Kekerasan dan Perundungan. Saat ini sudah ada 19 sekolah yang menerapkan program tersebut dan masih akan bertambah.

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Ajak Jajaran Pemkab Muara Enim Tuntaskan Program Prioritas

"(Anak-anak) Ini kader kita ke depan. Mereka akan menjadi pimpinan-pimpinan di negara ini. Maka kita harus betul-betul memberikan rasa aman, nyaman, dan menyenangkan di sekolah," tutur Nana.

Adapun dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ke-78, Nana menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya kepada para guru di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Sebab, para guru telah memberikan jasanya, mengabdikan diri, dan berdedikasi untuk membina, mengajar, dan mengawal anak didik. Mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.

Nana mengatakan, Hari Guru ini merupakan sesuatu penghargaan dan kebanggaan.

Baca juga : Tak Hadir Kemarin, PJ Gubernur NTB Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

"Jasa guru ini tidak pernah lekang oleh waktu, jasa guru ini akan selalu dikenang oleh kita semua. Maka dalam rangka hari guru ini kami sangat mengapresiasi jasa mereka," ujar Nana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.