Dark/Light Mode

Dukung Kemajuan Riset, Bappenas dan BRIN Serta Kedubes Australia Luncurkan Program KONEKSI

Senin, 13 November 2023 21:22 WIB
Bappenas beserta BRIN dan Kedubes Australia meluncurkan kolaborasi terbaru, yaitu Platform Kemitraan Pengetahuan Australia-Indonesia atau dikenal (KONEKSI). (Foto: Istimewa)
Bappenas beserta BRIN dan Kedubes Australia meluncurkan kolaborasi terbaru, yaitu Platform Kemitraan Pengetahuan Australia-Indonesia atau dikenal (KONEKSI). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Badan Riset Nasional (BRIN) dan Kedutaan Besar Australia meluncurkan kolaborasi inovatif terbaru, yaitu Platform Kemitraan Pengetahuan Australia-Indonesia atau dikenal KONEKSI.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN Amich Alhumami mengatakan, inisiatif ini menandai langkah maju dalam sektor riset dan inovasi Indonesia.

Baca juga : Lawan Stunting, Insight IM Dan PKBI Kolaborasi Lewat Program CSR

Serta, menunjukkan komitmen kedua negara dalam mendorong kemajuan dan kemakmuran, melalui kemitraan.

Program KONEKSI ini, dapat menjadi praktik baik dan fondasi terciptanya triple helix kolaborasi Indonesia dan Australia," ujar Amich, di Jakarta, Senin (13/11/2023).

Baca juga : Bamsoet Dukung Kejuaraan IMI De'Pes Challange Adventure Offroad Individual

 Amich menjelaskan, kolaborasi yang dimaksud adalah kerja sama yang melibatkan Pemerintah, industri dan institusi riset kedua negara, yang mendorong hilirisasi penelitian dan pengembangan menjadi teknologi tepat guna.

"Itu semua untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan nasional," katanya.

Baca juga : PIS Luncurkan Program BerSEAnergi Untuk Laut

Di kesempatan yang sama, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM menilai, program KONEKSI akan mendorong kemitraan kolaboratif antara lembaga pengetahuan di Indonesia dan Australia untuk menyelenggarakan penelitian bersama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.