Dark/Light Mode

Komisi VIII DPR Dan Kemensos Beri Bansos Rp 201 M Ke Masyarakat Papua

Minggu, 26 November 2023 12:37 WIB
Komisi VIII DPR RI, Yan Permenas Mandenas (kelima dari kanan) bersama perwakilan Kemensos RI dan warga Papua penerima bantuan. (Foto : Ist)
Komisi VIII DPR RI, Yan Permenas Mandenas (kelima dari kanan) bersama perwakilan Kemensos RI dan warga Papua penerima bantuan. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial RI bersama dengan Komisi VIII DPR RI memberikan bantuan sosial (bansos) senilai Rp 201 miliar kepada masyarakat Papua pada Sabtu (25/11).

Penyerahan bantuan bansos bagi masyarakat penerima manfaat dilaksanakan di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), Tanah Hitam, Kota Jayapura oleh anggota Komisi VIII DPR RI, Yan Permenas Mandenas.

Sejak masuk Komisi VIII, anggota DPR RI Dapil Papua itu memang berkomitmen mendorong penyaluran bantuan secara berkesinambungan khususnya bagi Papua mengingat alokasi anggaran di Kemensos cukup besar.

Baca juga : Teriakan Kemenangan Dari Ribuan Masyarakat Sambut Ganjar Di Tana Toraja

“Dan Papua merupakan salah satu daerah yang mendapatkan perhatian cukup besar dari pemerintah, melalui Kemensos dan DPR, karena Papua merupakan daerah 3T atau Tertinggal, Terdepan dan Terluar,” ujar Yan Mandenas dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/11).

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan daerah 3T mendapatkan alokasi anggaran yang cukup signifikan dalam rangka membantu masyarakat.

“Jadi, tadi hanya penyerahan secara simbolis, nanti petugas di lapangan bersama dinas sosial tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang mendistribusikan langsung," lanjut Yan Mandenas.

Baca juga : Sosialisasi Di Kebayoran Baru, Eriko Dekatkan 4 Pilar Negara Ke Masyarakat

Kedepannya Yan Mandenas berharap pemerintah pusat juga memberi perhatian lebih kepada masyarakat Papua untuk pengadaan rumah sehat.

"Saya banyak berkeliling Papua termasuk daerah rawan konflik. Dari hasil berkeliling, saya menyimpulkan masyarakat Papua banyak membutuhkan rumah sehat karena rumah saat ini menjadi kebutuhan dasar. Berdasarkan data 1 rumah di Papua rata-rata diisi oleh 5 Kepala Keluarga (KK). Untuk itu agar rumah sehat lebih banyak dan cepat terbangun selain Kemen-PUPR, saya berharap kementerian lain juga ikut membantu sesuai tupoksinya masing-masing," tandas Yan Mandenas.

Sementara itu Kementerian Sosial melalui BBPPKS akan mengontrol distribusi bantuan ini agar tepat sasaran, dengan demikian bantuan yang mencapai Rp 201 miliar itu akan tersalurkan di seluruh tanah Papua.

Baca juga : Menkes: Konsep Kesehatan Yang Benar Adalah Menjaga Kesehatan Masyarakat

Berikut rincian bantuan sosial yang disalurkan di tanah Papua :

1. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Rp 11.299.805.730
2. Bantuan Sembako Rp 189.662.400.000
3. Bantuan Yatim - Piatu Rp 363.200.000
4. Bantuan Atensi Rp 145.736.390

Dari empat jenis bantuan tersebut, Kemensos secara keseluruhan memberikan total bantuan senilai Rp 201.471.142.120,-

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.