Dark/Light Mode

Menkes Resmikan Undata Medical Center Palu

Jumat, 11 Oktober 2019 20:16 WIB
Menkes Nila F. Moeloek menandatangani prasasti peresmian UMC di RSUD Undata di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (11/10). (Foto: Ist)
Menkes Nila F. Moeloek menandatangani prasasti peresmian UMC di RSUD Undata di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (11/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meresmikan meresmikan Gedung Pelayanan Baru Undata Medical Center (UMC) di RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (11/10). Kehadiran UMC untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Palu. 

Dalam peresmian itu Menkes didampingi Wakil Gubernur Provinsi Sulteng Rusli Dg. Palabi, Dirjen Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo, Direktur RSUD Undata I Komang Adi Sujendra, dan Kadinkes Provinsi Sulteng Reny Ardiawati.

UMC Palu memiliki fasilitas Instalasi Rehabilitasi Medik. Yaitu, Pemeriksaan Diagnostik/terapi, pelayanan okupasi dan vokasional, terapi wicara, pelayanan ortesa protesa, berjalan, fisioterapi dan Kamar VVIP yang dapat dinikmati oleh masyarakat setempat bahkan dari luar Sulawesi Tengah. 

Baca juga : Mencontoh Kenegarawanan Nabi (2)

Gedung pelayanan baru ini memiliki 4 lantai, difungsikan sebagai ruang IGD, ruang operasi, ICU-PICU, ICVCU, ruang Hemodialisa, ruang rawat inap VIP, Laboratorium, Radiologi, Farmasi dan Administrasi.  “RSUD dapat melakukan inovasi yang positif. Berikanlah pelayanan sebaik-baiknya, sesantun-santunnya, serta fasilitas ini dimanfaatkan dengan baik tentunya,” ujar Menkes.

Menkes berharap, RSUD Undata dengan layanan unggulan yang dimiliki, mampu mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu dan sekitarnya. Menutup sambutannya Nila juga berterima kasih kepada seluruh Tenaga Kesehatan yang telah bekerjasama dalam bencana yang telah terjadi. 

“Tentunya bekerja dengan penuh harapan agar menjadi obat kita semua,” ungkap Menkes Nila. 

Baca juga : Mencontoh Kenegarawanan Nabi (1)

RSUD Undata Palu merupakan RS tipe B sebagai rujukan dan milik provinsi Sulawesi Tengah. RS ini dibangun dengan menggunakan konstruksi tahan gempa. 

“Penambahan gedung baru di RSUD Undata untuk memenuhi ketersediaan dan meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan di provinsi Sulteng dan disekitar sulteng,” jelas Wakil Gubernur Provinsi Sulteng Rusli. 

Rumah Sakit diharapkan mengubah paradigma pelayanannya agar berfokus pada pasien (Patient Centered Care), yaitu dengan membangun kolaborasi interdisiplin profesional pemberi asuhan yang terintegrasi, patient centeredness dan berbasis Tim. Sehingga tercipta pelayanan yang efektif dan efisien dalam mewujudkan keamanan pasien (patient safety) dan kepuasan pelanggan (value of patient satisfaction). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.