Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Pemulihan Wamena, Kemenhub Nyumbang Rp 1,5 M

Minggu, 13 Oktober 2019 12:51 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di sela acara Kitorang Basodara di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di sela acara Kitorang Basodara di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (13/10). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyumbang dana Rp 1,5 miliar untuk membantu korban kerusuhan Wamena dan mendukung pemulihan wilayah itu, setelah kerusuhan September lalu.

Sumbangan dana senilai Rp1,5 miliar tersebut dikumpulkan dari berbagai direktorat di Kemenhub, serta perusahaan transportasi yang berada di bawah koordinasi Kemenhub.

"Saya bersama ikatan alumni ITS, ikatan alumni Uncen, dan Kagama (Keluarga Alumni Gadjah Mada) bersilaturahmi. Bertemu di sini dengan teman-teman dari Papua secara kekeluargaan, membuat jalan pagi, dan melakukan kegiatan bersama berjudul Kitorang Basodara," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (13/10).

Baca juga : Dorong Petani ke Industri Pangan, Kementan Bentuk SP3T

BKS-sapaan akrab Budi Karya menyatakan, kementeriannya siap memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai, logistik atau jasa transportasi untuk mendukung upaya pemulihan pasca kerusuhan di Wamena.

"Kami akan bicara dengan Pak Gubernur, Pak Bupati, apa yang dibutuhkan kalau mereka butuh sesuatu karena kami juga punya kemampuan untuk mengangkut," ujarnya.

"Siang ini, kami akan rapat soal Bandara Jayapura, Wamena, Yakuhimo, Fakfak, Rajaampat, Sorong. Semua kita bahas," imbuh BKS.

Baca juga : Antisipasi Dampak Perubahan Iklim, Kementan Bantu Sumur Suntik dan Lubang Biopori

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakatoni menjelaskan, pejabat Papua Barat akan melakukan rapat koordinasi bersama dengan Kemenhub. “Untuk bicara tentang kebijakan-kebijakan dalam rangka membangun berbagai prasarana perhubungan yang ada di Papua," katanya.

Lakatoni menjelaskan, rapat koordinasi ini dimaksudkan sebagai kerja sama untuk memastikan masa depan Papua. Menurutnya, pihak masyarakat Papua dan Papua Barat juga akan terus bersinergi untuk membangun Indonesia secara keseluruhan.

Bupati Yahukimo Abock Busup menambahkan, beberapa kabupaten di Papua juga akan mendapatkan program dari pemerintah untuk membangun lapangan perintis.

Baca juga : Bantu Warga Wamena Mengungsi, Kemenhub Siapkan Jalur Laut

“Yahukimo punya 132 lapangan perintis dan orang Pak Menteri cukup bagus, luar biasa. Ada 17 lapangan terbang yang mendapatkan pesawat perintis. Harga tiket tadinya kami charter Rp 35 juta, tapi sekarang sudah dapat Rp 400 ribu untuk ke distrik dan kabupaten,” ujarnya. [KPJ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.