Dark/Light Mode

Bagikan 500 Sertipikat Tanah Di Bangkalan

Wamen ATR Raja Antoni: Bisa Meningkatkan Taraf Hidup

Rabu, 6 Desember 2023 16:58 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN, Raja Juli Antoni kembali membagikan sertipikat tanah. Kali ini Ia membagikan 500 sertipikat produk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap PTSL di Bangkalan, Jawa Timur. (Foto: Ist)
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN, Raja Juli Antoni kembali membagikan sertipikat tanah. Kali ini Ia membagikan 500 sertipikat produk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap PTSL di Bangkalan, Jawa Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni kembali membagikan sertipikat tanah. Kali ini Ia membagikan 500 sertipikat produk Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Bangkalan, Jawa Timur. 

Dalam sambutannya Raja Antoni mengaku berbahagia hati, pasalnya sertifikasi tanah di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Ia menjelaskan bahwa 9 tahun yang lalu, total bidang tanah yang sudah tersertifikasi hanya 46 juta bidang saja, padahal di Indonesia terdapat 126 juta bidang. 

“Pak Jokowi tanya, berapa layanan per tahunnya? Hanya 500 ribu sertipikat. Butuh 160 tahun sampai semuanya selesai,” cerita Wakil Menteri ATR/BPN, Rabu, (6/12/2023).

Baca juga : Wamen ATR Raja Antoni Intruksikan Langkah Mitigasi Konflik Pertanahan

Meski demikian, Raja Antoni menyebutkan bahwa Presiden Jokowi sangat memahami persoalan tersebut sehingga diluncurkanlah program PTSL sehingga layanan sertifikasi tanah meningkat dari 500 ribu menjadi 6-7 juta per tahunnya.

“Itulah hebatnya pemimpin kita, paham terhadap masalah dan dengan cepat memberikan solusi atas permasalahannya. Sehingga Bapak/Ibu sekalian sekarang bisa merasakan manfaatnya,” sambung Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut. 

Untuk memastikan masyarakat telah menerima sertipikat, Raja Antoni meminta masyarakat untuk mengangkat dan menghitung sertipikatnya. Ia meminta supaya para penerima sertipikat melakukan cek terhadap nama dan luasnya supaya tidak ada kekeliruan. 

Baca juga : Tim 8 RJBBP Bagikan 500 Susu Gratis Untuk PKL Dan Warga Pasar Minggu

“Silakan dicek sertipikatnya, namanya, luasnya, dipastikan supaya tidak keliru,” singkat Raja Antoni.

Raja Antoni meminta mayarakat untuk dapat mempergunakan sertipikat itu dengan bijak. Menurut Sekjen PSI tersebut jangan sampai sertipikatnya hilang. Dengan demikian jikapun harus diagunkan, Ia meminta untuk datang ke Bank resmi dan hanya digunakan untuk keperluan yang produktif. 

“Mau ngga tanahnya hilang? Supaya tidak hilang datanglah ke bank resmi, tapi harus untuk produktif yang dapat meningkatkan taraf hidup kita,” Ujar Raja Antoni.

Baca juga : Kepala Kampung Raja Ampat Yakin Ganjar Bisa Majukan Papua

Wakil Menteri ATR/BPN juga meminta partisipasi masyarakat untuk dapat membantu pemasangan patok supaya batas-batas kepemilikan tanah menjadi jelas sehingga dapat terhindar dari mafia tanah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.